MENGUKUR MULTIDIMENSIONAL POVERTY PENDUDUK MUSLIM DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SYARIAH

ZAKKA FARISY B, 041411433034 (2018) MENGUKUR MULTIDIMENSIONAL POVERTY PENDUDUK MUSLIM DI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MAQASHID SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (55kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 121-18 Zak m.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsep pengukuran kemiskinan dengan pendekatan multidimensional poverty telah banyak diteliti hingga kini. Pengukuran kemiskinan dengan menggunakan pendekatan multidimensional ini dirasa lebih merepresentasikan kemiskinan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan pendekatan mainstream pada monetary poverty. Penelitian ini mencoba untuk mengukur tingkat kemiskinan multidimensi dengan sedikit modifikasi pada indikator aspek kemiskinan, yaitu dengan menggunakan pendekatan maqashid syariah. Penggunaan maqashid syariah sebagai indikator kemiskinan akan memberikan keunikan pada hasil akhir pengukuran. Sebab, cakupan dimensi kemiskinan yang masuk kedalam pengukuran akan menjadi lebih kompleks dan lebih komprehensif. Tujuannya untuk menemukan hasil pengukuran yang lebih tepat terutama dalam mengukur tingkat kemiskinan pada individu atau rumah tangga muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data yang berasal dari Indonesia Family Life Survey (IFLS 5) tahun 2014. Metode yang digunakan adalah Islamic Poverty Indicator dan Alkire-Forster Method dalam mengukur kemiskinan multidimensi dan regresi logistic digunkan untuk melihat estimasi model kemiskinan. Sehingga penelitian ini merupakan ekstensi dari konsep pengukuran Multidimensional Poverty Index hasil kajian Alkire dan Forster dan Islamic Poverty Indicator Saladin dan Saleh. Temunnya menunjukkan jika hasil potret kemiskinan dengan pendekatan multidimensi cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendekatan moneter. Hasil pengukuran tersebut juga didukung hasil estimasi model multidimensional poverty yang menunjukkan jika seluruh dimensi dan aspek kemiskinan yang digunakan pada maqashid syariah dapat dijadikan estimator dalam mengukur kemiskinan multidimensi. Selain itu hasil pengukuran estimasi kemiskinan menunjukkan jika seluruh variabel yang terdapat pada maqashid syariah memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam menyebabkan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 121/18 Zak m
Uncontrolled Keywords: Multidimensional Poverty Index, Islamic Poverty Indicator, Alkire-Forster Method, Regresi Logistik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ZAKKA FARISY B, 041411433034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRaditya Sukmana, Dr. , S.E., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 08 Jan 2019 01:41
Last Modified: 08 Jan 2019 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item