TEKNIK BUDIDAYA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) SISTEM BIOFLOK PADA KOLAM HDPE DI PERUSAHAAN UDANG, PT. LIMA SATU DELAPAN, MOLANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR

ABDUL AZIS, 141411133057 (2017) TEKNIK BUDIDAYA PEMBESARAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) SISTEM BIOFLOK PADA KOLAM HDPE DI PERUSAHAAN UDANG, PT. LIMA SATU DELAPAN, MOLANG, KABUPATEN TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Aiirlangga. (Unpublished)

[img] Text (ABSTRACT)
PKL PK BP 110 - 18 Azi t- Abstrak.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PKL PK BP 110 - 18 Azi t.pdf
Restricted to Registered users only until 8 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang putih Amerika Litopenaeus vannamei merupakan salah satu jenis udang yang dapat dibudidayakan di Indonesia. Udang vannamei ini kemudian menjadi salah satu komoditas budidaya andalan bagi pelaku budidaya. Tujuan dari praktek kerja lapang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktekkan secara langsung tentang manajemen pembesaran dan manajemen kualitas air dalam usaha pembesaran udang vannamei. Selain itu juga untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi usaha pembesaran udang vannamei. Manfaat dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan kerja dalam budidaya vannamei sehari-hari serta mengetahui hambatan dalam budidaya udang vannamei. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Tambak Udang PT. Lima Satu Lapan, Molang, Tulungagung pada tanggal 23 Januari – 23 Februari 2017. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer yaitu data yang didapat dari sumber pertama seperti wawancara serta observasi dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber tidak langsung seperti lembaga penelitian, dinas perikanan, laporan pihak swasta serta masyarakat. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Proses budidaya udang vannamei di tambak, meliputi : Persiapan tambak yaitu pengolahan tanah dasar tambak dengan mengembalikan daya dukung tambak sehingga tambak dapat digunakan kembali untuk proses budidaya setelah panen, penebaran benih yaitu seleksi benih secara visual serta aklimatisasi, pengukuran dan menjaga kualitas air, pemberian pakan berupa pellet, pemberantasan hama dan penyakit dan pembesaran.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 110/ 18 Azi t
Uncontrolled Keywords: Cultivation techniques ; vaname shrimp (Litopenaeus vannamei) ; HDPE bioflok system; shrimp company, PT. Five One Eight, Pucang Laban, Tulungagung, East Java.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ABDUL AZIS, 141411133057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi.,MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:59
Last Modified: 08 Jan 2019 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item