PENGARUH METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) PADA SUAMI DALAM MENINGKATKAN DUKUNGAN PEDULI ASI DAN BREASTFEEDING SELF EFFICACY

DESY SISWI ANJAR SARI, NIM. 131614153039 (2018) PENGARUH METODE PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION (PLA) PADA SUAMI DALAM MENINGKATKAN DUKUNGAN PEDULI ASI DAN BREASTFEEDING SELF EFFICACY. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 64_18 Sar p ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 64_18 Sar p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:. Masalah utama rendahnya pemberian ASI Eksklusif di Indonesia adalah pengaruh faktor sosial budaya, kurangnya pengetahuan ibu hamil, keluarga, dan masyarakat. Dukungan suami sangat diperlukan, namun para suami tidak selalu diikutsertakan pada saat edukasi antenatal maupun post natal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Participatory Learning and action (PLA) pada suami dalam meningkatkan dukungan peduli ASI dan breastfeeding self efficacy Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan bentuk pretest-posttest with control group design. Variabel independen dalam penelitian ini adalah dukungan peduli ASI dan variabel dependennya adalah breastfeeding self efficacy. Populasi penelitian adalah keluarga dengan ibu hamil trimester III di Puskesmas wilayah kerja Dinas Kabupaten Jombang dengan 62 responden dipilih dengan menggunakan simple random sampling serta instrumennya menggunakan kuesioner. Intervensi PLA (Participatory Learning and Action) dilakukan dengan sebanyak 3 sesi selama 3 minggu dianalisis menggunakan wilcoxon dan mann withney dengan nilai signifikansi (a = 0,005). Hasil: Hasil uji Wilcoxon didapatkan p<0.05 dan Uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi dengan nilai p= 0,000, menunjukkan bahwa ada beda antara kelompok perlakuan dan kontrol dalam meningkatkan dukungan suami dan breastfeeding self efficacy Kesimpulan: Intervensi Edukasi dengan metode PLA (participatory Learning and Action) dapat meningkatkan dukungan suami peduli ASI dan breastfeeding, Intervensi tersebut berfokus pada model pembelajaran partisipatif (keikutsertaan) peserta dalam semua aspek mulai kegiatan merencanakan,melaksanakan menilai kegiatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 64/18 Sar p
Uncontrolled Keywords: PLA (participatory Learning and Action), dukungan suami, breastfeeding self efficacy
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
DESY SISWI ANJAR SARI, NIM. 131614153039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAgus Sulistyono, Dr., dr.SpOG(K)UNSPECIFIED
ConsultantEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:23
Last Modified: 08 Jan 2019 08:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77891
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item