PELATIHAN ANTECEDENT STRATEGIES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU TK AL-MURSYIDIEN SURABAYA

GABRIELLA PRILLYCIA MANTIRI, 111314153018 (2018) PELATIHAN ANTECEDENT STRATEGIES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU TK AL-MURSYIDIEN SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (593kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan penelitian dalam penelitian ini didapat dari hasil kuesioner yang penulis berikan kepada para guru. Masalah yang terjadi di TK Al- Mursyidien Surabaya adalah rendahnya pengetahuan dan keterampilan manajemen kelas guru. Oleh karena itu, subjek penelitian dalam penelitian ini diberi sebuah intervensi berupa pelatihan antecedent strategies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan keterampilan manajemen kelas guru TK Al-Mursyidien Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang guru TK di TK Al-Mursyidien Surabaya. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes prestasi terkait (pre-test & post-test) dan observasi hasil roleplay. Validitas alat ukur ini adalah validitas isi dengan reliabilitas untuk alat ukur aspek pengetahuan adalah  = 0,803. Perolehan data kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat uji beda baik di aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan. Hasil analisa data terhadap skor subjek untuk aspek pengetahuan diperoleh nilai p sebesar 0,023 (<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pengetahuan guru sebelum dan sesudah pelatihan. Sedangkan, hasil analisa data terhadap skor subjek untuk aspek keterampilan diperoleh nilai p sebesar 0,083(>0,05). Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan guru sebelum dan sesudah pelatihan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPsi 41/18 Man p
Uncontrolled Keywords: Teacher Classroom Management Skills, Antecedent Strategies, Training.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2035-2039 Life skills. Coping skills. Everyday living skills
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
GABRIELLA PRILLYCIA MANTIRI, 111314153018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTino Leonardi, M.Psi., PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2019 07:49
Last Modified: 09 Jan 2019 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item