PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS KARIES DAN PERIODONTAL ANAK USIA 3 – 6 TAHUN PADA KOMUNITAS MISKIN DI KECAMATAN SEMAMPIR

KEZIA AZIZA, 021511133111 (2018) PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP STATUS KARIES DAN PERIODONTAL ANAK USIA 3 – 6 TAHUN PADA KOMUNITAS MISKIN DI KECAMATAN SEMAMPIR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_KG.113 18 Azi p.pdf

Download (286kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_KG.113 18 Azi p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karies gigi dan penyakit periodontal merupakan masalah global dan dapat terjadi di segala usia termasuk anak-anak. Kebersihan gigi dan mulut serta diet anak merupakan faktor resiko utama penyakit periodontal dan karies. Pada anak usia prasekolah, pilihan diet dan perilaku kebersihan mulut didominasi oleh orang tua, khususnya ibu. Tingkat pendidikan, pengetahuan, dan status sosio ekonomi akan mempengaruhi sikap ibu terhadap kesehatan gigi dan mulut anak. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap status karies dan periodontal anak usia 3 – 6 tahun. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional cross-sectional dengan simple random sampling yang dilakukan di Balai RW 3 Sidotopo, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya pada bulan Juli hingga Agustus 2018. Terdapat 110 ibu dan anak sebagai responden. Tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu diukur melalui kuesioner, status karies dan periodontal anak diukur menggunakan lembar pemeriksaan dmft dan WHO. Data dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil: Hasil statistik menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara penghasilan dan status karies anak namun tidak terdapat hubungan antara pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap karies anak. Pendidikan, pengetahuan, penghasilan juga tidak berhubungan pada status periodontal anak. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara penghasilan dan status karies anak namun tidak terdapat hubungan antara pendidikan dan pengetahuan ibu terhadap karies anak. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara pendidikan, pengetahuan, penghasilan pada status periodontal anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.113/18 Azi p
Uncontrolled Keywords: Pendidikan ibu, pengetahuan ibu, status karies anak, status periodontal anak, sosio ekonomi
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
KEZIA AZIZA, 021511133111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSatiti Kuntari, drg., MS., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorPrawati Nuraini, drg., M.Kes., Sp.KGA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:48
Last Modified: 10 Jan 2019 07:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item