KEMAMPUAN IMMUNOGLOBULIN Y Porphyromonas gingivalis TERHADAP DAYA ADERENSI BAKTERI Porphyromonas gingivalis DAN Fusobacterium nucleatum

NOVA ANDRIANI HEPITARIA, 021511133127 (2018) KEMAMPUAN IMMUNOGLOBULIN Y Porphyromonas gingivalis TERHADAP DAYA ADERENSI BAKTERI Porphyromonas gingivalis DAN Fusobacterium nucleatum. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 134_18 Hep k.pdf

Download (331kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 134_18 Hep k.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bakteri Porphyromonas gingivalis merupakan bakteri utama penyebab penyakit periodontitis kronis. Selain Porphyromonas gingivalis, terdapat bakteri Fusobacterium nucleatum yang juga merupakan bakteri penyebab periodontitis kronis. IgY merupakan jenis immunoglobulin yang terdapat pada ungags, seperti : ayam dan burung. IgY dapat digunakan sebagai pencegahan alternative dari akumulasi plak yang dapat menyebabkan periodontitis kronis. IgY juga dapat digunakan sebagai obat seperti transplantasi dari spesies ke spesies, diagnosis, dan alternative antibiotic. Tujuan. Untuk membuktikan kemampuan IgY pada kuning telur untuk menurunkan nilai indeks aderensi dari bakteri Porphyromonas gingivalis dan Fusobacterium nucleatum. Metode. Sampel dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok mengandung 10 ml IgY Porphyromonas gingivalus dan 50 sel enterosit. Kelompok kontrol mengandung 50 ml IgY Porphyromonas gingivalis, dan 50 ml sel enterosit. Kelompok pertama hingga kelompok ketujuh dilakukan dilusi serial dengan kelompok pertama mengandung 90 ml PBS dan 10 ml IgY Porphyromonas gingivalis, kelompok kedua hingga kelompok ketujuh mengandung 50 PBS sebelum ditambahkan 50 ml sel enterosit dan 50 ml suspensi bakteri setiap kelompok. Jumlah bakteri yang melekat dihitung menggunakan mikroskop cahaya dan dihitung nilai indeks aderensi. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa IgY Porphyromonas gingivalis dapat menurunkan nilai indeks aderensi dari Porphyromonas gingivalis secara signifikan, serta dapat menurunkan nilai indeks aderensi dari Fusobacterium nucleatum tetapi secara tidak signifikan. Kesimpulan. IgY Porphyromonas gingivalis dapat menurunkan nilai indeks aderensi dari Porphyromonas gingivalis tetapi tidak dapat menurunkan nilai indeks aderensi dari Fusobacterium nucleatum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 134/18 Hep k
Uncontrolled Keywords: IgY, kuning telur, aderensi, Porphyromonas gingivalis, Fusobacterium nucleatum.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NOVA ANDRIANI HEPITARIA, 021511133127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMarkus Budi Rahardjo, drg., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorIndeswati Diyatri, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Novita
Date Deposited: 10 Jan 2019 03:33
Last Modified: 10 Jan 2019 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item