AKTIVITAS IgY POLIKLONAL Aggregatibacter actinomycetemcomitans DAN Porphyromonas gingivalis TERHADAP HAMBATAN KOLONISASI Fusobacterium nucleatum DAN Streptococcus sanguis

OKTAVIANI SUCI LESTARI, 021511133128 (2018) AKTIVITAS IgY POLIKLONAL Aggregatibacter actinomycetemcomitans DAN Porphyromonas gingivalis TERHADAP HAMBATAN KOLONISASI Fusobacterium nucleatum DAN Streptococcus sanguis. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_KG.126 18 Les a.pdf

Download (484kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_KG.126 18 Les .pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prevalensi periodontitis di Indonesia cukup tinggi yaitu 70%. F. nucleatum dan S. sanguis berperan dalam pembentukkan plak gigi yang merupakan penyebab periodontitis. IgY sebagai pengendali plak biologis. IgY terdapat dalam serum dan kuning telur. IgY dapat berikatan dengan komponen permukaan bakteri. F. nucleatum dan S. sanguis memiliki pili tipe IV sama seperti A. actinomycetemcomitans. SsaB pada S. sanguis merupakan homolog fimA, fimA merupakan unsur permukaan P. gingivalis. F. nucleatum dan P. gingivalis memiliki massa molekul OMP sama. Tujuan: Untuk mengetahui aktivitas IgY poliklonal A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis yang dapat menghambat kolonisasi F. nucleatum dan S. sanguis. Metode: Sampel IgY diencerkan dengan PBS. Agar dibuatkan lubang, 10μl antigen (F. nucleatum atau S. sanguis) dimasukkan ke lubang tengah, kemudian 10μl PBS, 1:1, 1:2, 1:4, 1:8, 1:16 pengenceran IgY poliklonal A. actinomycetemcomitans atau P. gingivalis dimasukkan ke lubang sekitarnya. Inkubasi pada suhu 37℃, hasil diamati setelah 24-48 jam. Hasil: Kelompok IgY poliklonal A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis dalam serum terhadap F. nucleatum dan S. sanguis menunjukkan garis presipitasi pada pengenceran 1:1 dan 1:2, sedangkan dalam kuning telur pada pengenceran 1:1. Berdasarkan analisis statistika, tidak ada perbedaan yang signifikan pada tiap pengenceran (p>0.05) dan tidak ada perbedaan antara serum dan kuning telur (p>0.05). Kesimpulan: IgY poliklonal A. actinomycetemcomitans dan P. gingivalis dalam serum dan kuning telur mempunyai aktivitas yang dapat menghambat kolonisasi F. nucleatum dan S. sanguis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.126/18 Les a
Uncontrolled Keywords: IgY, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, Porphyromonas gingivalis, Fusobacterium nucleatum, Streptococcus sanguis.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
OKTAVIANI SUCI LESTARI, 021511133128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRini Devijanti Ridwan, Dr.drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorTuti Kusumaningsih, Prof. Dr.drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 10 Jan 2019 07:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78248
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item