POTENSI ANTIOKSIDAN ALFA-MANGOSTIN UNTUK PERBAIKAN KERUSAKAN TUBULI PROKSIMAL GINJAL DAN PENURUNAN KADAR KREATININ PLASMA PADA MENCIT DIABETIK

Novi Prettysia, 081411431054 (2018) POTENSI ANTIOKSIDAN ALFA-MANGOSTIN UNTUK PERBAIKAN KERUSAKAN TUBULI PROKSIMAL GINJAL DAN PENURUNAN KADAR KREATININ PLASMA PADA MENCIT DIABETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak mpb 25.18 pre p-min.pdf

Download (68kB)
[img] Text (FULLTEXT)
mpb 25.18 pre p-min.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi antioksidan alfa-mangostin untuk perbaikan kerusakan tubulus proksimal ginjal dan penurunan kadar kreatinin plasma mencit diabetik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hewan coba yang digunakan sebanyak 36 ekor mencit jantan. Hewan coba dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan yaitu, Kontrol Normal (KN), Kontrol Diabetik (KD), Kontrol Metformin (KM), dan kelompok perlakuan (P) yang terdiri dari P1 (diberi perlakuan antioksidan alfa-mangostin dosis 2 mg/kg BB), P2 (diberi perlakuan antioksidan alfa mangostin dosis 4 mg/kg BB), dan P3 (diberi perlakuan antioksidan alfa mangostin dosis 8 mg/kg BB). Pemberian suspensi antioksidan alfa mangostin diberikan kepada mencit secara per oral selama 14 hari pada mencit diabetik. Induksi mencit diabetik dengan menggunakan injeksi intraperitoneal STZ multiple low-dose 30 mg/kg BB per hari selama 5 hari berturut-turut. Pada hari ke-15 dilakukan pengambilan darah dan organ ginjal. Irisan histologi ginjal setebal 5 μm di buat dengan metode parafin dan pewarnaan Hematoxylin-Eosin. Kadar kreatinin plasma ditentukan dengan metode Jaffe reaction. Data tingkat kerusakan tubuli proksimal ginjal yaitu berupa jumal sel yang normal, nekrosis, bengkak dan kadar kreatinin plasma dianalisis dengan uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui distribusi data dan uji Levene untuk mengetahui homogenitas variansi. Selanjutnya, dilakukan uji One Way Anova untuk mengetahui pengaruh perlakuan dan uji Duncan untuk mengetahui beda antar kelompok perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai dosis antioksidan alfa mangostin berpengaruh memperbaiki kerusakan tubulus proksimal ginjal dan menurunkan kadar kreatinin plasma mencit diabetik. Pemberian antioksidan alfa-mangostin dengan dosis 8 mg/kg BB lebih memiliki efektivitas untuk memperbaiki kerusakan tubulus proksimal ginjal dan menurunkan kadar kreatinin plasma mencit diabetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 25/18 Pre p
Uncontrolled Keywords: antioksidan alfa-mangostin, kerusakan tubuli proksimal ginjal, kreatinin plasma, mencit diabetik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Novi Prettysia, 081411431054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSaikhu Akhmad Husen, Drs. , M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Winarni, Dr. , M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 10 Jan 2019 05:54
Last Modified: 14 Jan 2019 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78265
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item