PENANGANAN HEMOROID MENGGUNAKAN TERAPI AKUPRESUR PADA TITIK ERBAI (EX-UE 2), QUCHI ( LI-11), ZUSANLI (ST-36), YINLINQUAN (SP-9) YANG DI KOMBINASI DENGAN HERBAL DAUN UNGU (Grapthophyllum pictum (L) Grif.) DAN DAUN ILER (Coleus scutellariodes (L.)

MUNTIANAH, 151510413005 (2018) PENANGANAN HEMOROID MENGGUNAKAN TERAPI AKUPRESUR PADA TITIK ERBAI (EX-UE 2), QUCHI ( LI-11), ZUSANLI (ST-36), YINLINQUAN (SP-9) YANG DI KOMBINASI DENGAN HERBAL DAUN UNGU (Grapthophyllum pictum (L) Grif.) DAN DAUN ILER (Coleus scutellariodes (L.). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak FV.TA.PT. 06 18 Mun p.pdf

Download (212kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext FV.TA.PT. 06 18 Mun p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut ilmu Traditional Chinese Medicine, hemoroid disebut juga Zhi atau Zhi Chuan dalam bahasa China. Hemoroid terjadi akibat terlalu lama duduk atau berjalan jauh, mengangkat beban yang terlalu berat, aktifitas kerja yang berlebihan, terlalu banyak memakan makanan pedas dan berminyak, diare kronis dan konstipasi memiliki peran penting dalam pembesaran vena dalam rektum dan sekitar anus, lalu akumulasi lembab panas, stagnasi Qi dan darah pada bagian bawah tubuh kemudian luka pada kolateral anus. Berdasarkan hasil perawatan pasien hemoroid sindrom lembab panas menggunakan terapi akupressur pada titik Erbai (EX-UE 2), Quchi (LI-11), Zusanli (ST-36), Yinlinquan (SP-9) yang dilakukan seminggu 3 kali dikombinasi dengan pemberian herbal infusa daun ungu (Grapthophyllum pictum (L) Grif.) dan daun iler (Coleus scutellariodes (L.) diminum 3 kali sehari yaitu pagi, siang, sore sebanyak 200 ml selama 28 hari, didapatkan bahwa gejala hemoroid sudah mulai membaik, hasil perawatan yang diamati pada hari ke 7, 14, 21 dan 28 yaitu frekuensi BAB menjadi 1 kali sehari, tidak dengan feses yang keras (konstipasi), tidak terdapat rasa panas, perih dan nyeri pada anus. Sebelum dilakukan terapi BAB pasien antara 3 – 5 hari sekali dalam seminggu. Disimpulkan bahwa terapi akupressur titik Erbai (EX-UE 2), Quchi ( LI- 11), Zusanli (ST-36), Yinlinquan (SP-9) yang dikombinasi dengan herbal daun ungu (Grapthophyllum pictum (L) Grif.) dan daun iler (Coleus scutellariodes (L.) selama 28 hari dapat menangani keluhan hemoroid yang disertai dengan perubahan pola hidup.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TA.PT. 06/18 Mun p
Uncontrolled Keywords: Hemoroid, terapi akupresur
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
MUNTIANAH, 151510413005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrna Adianti, S.Si.,M.Kes.,Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorSri Agus Sudjarwo, Prof. ,drh.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:39
Last Modified: 10 Jan 2019 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item