IDENTITAS QUEER TOKOH AIHARA YUZU DALAM BUDAYA POPULER JEPANG: STUDI KASUS YURI MANGA “CITRUS” KARYA SABUROUTA

DALILAH INAS TSABITAH, 121211332010 (2018) IDENTITAS QUEER TOKOH AIHARA YUZU DALAM BUDAYA POPULER JEPANG: STUDI KASUS YURI MANGA “CITRUS” KARYA SABUROUTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FS J 50-18 Tsa i - ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS J 50-18 Tsa i - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Seksualitas bukanlah merupakan sebuah topik yang dianggap tabu di Jepang. Masyarakat kuno Jepang bahkan telah mengenali berbagai jenis perilaku seksual dan identitas gender seperti praktek-praktek cross-dressing dan kegiatan nonheteroseksual yang dianggap norma pada saat itu. Meskipun begitu, masyarakat Jepang tidak mempunyai pakem istilah seperti “lesbian”, “gay” maupun “transgender” pada untuk individu-individu tersebut karena mereka mempunyai label-label lain berdasarkan konteks kultural Jepang yang kompleks. Para pakar teori queer menyebut fenomena ini dengan “queer”, di mana seksualitas dan identitas gender manusia dikatakan sebagai suatu hal yang beraneka ragam, tidak monolitik, serta tidak mungkin dapat dikotak-kotakkan dalam suatu kategori dan definisi tertentu. Narasi dan identitas queer tidak asing dalam budaya populer Jepang seperti manga dan anime. Dalam manga dan anime, genre-genre seperti yuri dan yaoi memiliki tema-tema non-heteroseksual, di mana yuri mengeksplorasi percintaan antar perempuan dan yaoi antar laki-laki. Salah satu manga bergenre yuri yang terbit baru-baru ini berjudul Citrus karya Saburouta. Citrus menceritakan romansa di antara kedua protagonis perempuannya. Dengan menggunakan teori queer dan Cass Identity Model oleh Vivienne Cass, penelitian ini akan menelaah identitas queer dan krisis identitas yang menyertainya pada salah satu tokoh utamanya, Aihara Yuzu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J 50/18 Tsa i
Uncontrolled Keywords: identitas queer, queer, budaya populer, masyarakat Jepang, seksualitas, krisis identitas, manga yuri.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM
DALILAH INAS TSABITAH, 121211332010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPutri Elsy, S.S, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 10 Jan 2019 09:02
Last Modified: 10 Jan 2019 09:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78332
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item