EKSTERNALITAS KAMPUNG UNGGULAN KERUPUK SURABAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN ISLAM

ALICIA RACHMA AULIA PERMATASARI, 041411431109 (2018) EKSTERNALITAS KAMPUNG UNGGULAN KERUPUK SURABAYA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 137-18 Per e.pdf
Restricted to Registered users only until 11 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana eksternalitas industri kerupuk di Kampung Unggulan Kerupuk Surabaya ditinjau dari Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan perspektif Islam. Kampung Unggulan Kerupuk Surabaya merupakan suatu industri kerupuk yang berada di kota namun masih menggunakan cara tradisional dalam proses produksi. Sebagian dari pengrajin-pengrajin Kampung Kerupuk Surabaya sudah memiliki merek dan mendapatkan sertifikat halal MUI. Kampung Unggulan Kerupuk Surabaya sering mendapat kunjungan dari wisatawan, baik dari penduduk Surabaya, luar Surabaya, maupun mancanegara untuk belajar memproduksi dan memasarkan kerupuk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam dan observasi langsung kepada subjek penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi dari hasil wawancara mendalam dan observasi secara langsung ke lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat eksternalitas positif dari keberadaan Kampung Unggulan Kerupuk Surabaya yang ditunjukkan dengan adanya kesempatan kerja, peningkatan pendapatan, dan adanya pengadaan fasilitas dan sarana. Tidak ada eksternalitas negatif seperti pencemaran lingkungan dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Pengelolaan lingkungan hidup dilakukan dengan baik sesuai dengan prinsip pengelolaan lingkungan hidup dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 137/18 Per e
Uncontrolled Keywords: Eksternalitas, pengelolaan lingkungan hidup, ekonomi sumber daya alam, Kampung Unggulan Kerupuk Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ALICIA RACHMA AULIA PERMATASARI, 041411431109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Moh. Qudsi Fauzi, Drs., MMUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:36
Last Modified: 11 Jan 2019 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78436
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item