MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YANG MEMILIKI KANTOR PUSAT DI SURABAYA)

MUHAMMAD FITRAHUDDIN AJMAL NAZIR, 041411431151 (2018) MANAJEMEN RISIKO OPERASIONAL DI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YANG MEMILIKI KANTOR PUSAT DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (669kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 145-18 Naz m.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana lembaga amil zakat nasional melakukan manajemen risiko operasionalnya. Penelitian mengenai manajemen risiko operasional didasarkan pada fenomena yang terjadi pada objek penelitian. Objek penelitian ini adalah tiga lembaga zakat nasional dengan kantor pusat di Surabaya, yang mana tiga lembaga zakat nasional adalah Yatim Mandiri, Nurul Hayat dan YDSF. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Setelah wawancara, hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian yaitu, manajemen risiko operasional sudah dilakukan oleh tiga lembaga amil zakat nasional berupa identifikasi dan pengelolaan risiko. Terdapat 14 risiko yang teridentifikasi. Pada tahap pengukuran dan evaluasi risiko, yatim mandiri memiliki kemungkinan dan dampak risiko operasional kegagalan sistem dan kegagalan proses internal yang paling besar, YDSF memiliki kemungkinan dan dampak risiko operasional ancaman dari luar dan kegagalan mengelola manusia yang paling besar. Hampir seluruh penanganan risiko menggunakan strategi preventif, hanya satu risiko yang menggunakan strategi mitigasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI. 145/18 Naz m
Uncontrolled Keywords: Risiko, Zakat, Manajemen Risiko Operasional, Lembaga Amil Zakat Nasional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FITRAHUDDIN AJMAL NAZIR, 041411431151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Nafik Hadi Ryandono, Dr. , SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 11 Jan 2019 09:11
Last Modified: 11 Jan 2019 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item