PENGARUH PEMBERIAN SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.)= THE EFFECT OF GIVING SYNBIOTIC ON COMMERCIAL FEED TO GROWTH RATE AND FEED CONVERSION RATIO OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.)

ULFI HANIFA, 141411131052 (2018) PENGARUH PEMBERIAN SINBIOTIK PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN DAN RASIO KONVERSI PAKAN IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.)= THE EFFECT OF GIVING SYNBIOTIC ON COMMERCIAL FEED TO GROWTH RATE AND FEED CONVERSION RATIO OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text (FULL TEXT)
PK. BP. 167-18 Han p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias sp.) merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang nilai permintaaan di pasarannya cukup tinggi. Pemenuhan permintaan dapat diatasi dengan mempercepat pertumbuhan. Pertumbuhan dapat dipercepat salah satunya dengan cara pemberian pakan yang tepat. Salah satu bahan campuran alternatif pada pakan yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan lele dumbo yaitu dengan penambahan sinbiotik. Sinbiotik merupakan kombinasi seimbang prebiotik dan probiotik dalam mendukung kelangsungan hidup dan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dalam saluran pencernaan makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sinbiotik pada pakan komersial terhadap laju pertumbuhan dan rasio konversi pakan ikan lele dumbo (Clarias sp.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang diberikan sinbiotik dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis sinbiotik yang diberikan pada pakan komersial adalah perlakuan P0 sebagai kontrol (tanpa pemberian sinbiotik), P1 (0,5 dosis sinbiotik), P2 (1 dosis sinbiotik) dan P3 (2 dosis sinbiotik). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah laju pertumbuhan spesifik dan rasio konversi pakan ikan lele dumbo (Clarias sp.). Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian sinbiotik pada pakan komersial selama 30 hari pemeliharaan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap laju pertumbuhan spesifik dan rasio konversi pakan ikan lele dumbo (Clarias sp.). Laju pertumbuhan spesifik tertinggi pada P1 dengan hasil sebesar 3,98%/hari dan rasio konversi pakan terendah pada P1 yaitu sebesar 1,3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK. BP. 167/18 Han p
Uncontrolled Keywords: Pakan komersial; lele
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
ULFI HANIFA, 141411131052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorIwan Sahrial Hamid, Dr., drh., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:22
Last Modified: 14 Jan 2019 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item