POTENSI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN FORMULA TERHADAP RETENSI LEMAK DAN RETENSI BAHAN ORGANIK TANPA NITROGEN (BOTN) PADA DAGING IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) STADIA FINGERLING

NURUL ISTIQOMAH, 14121131196 (2018) POTENSI CACING TANAH (Lumbricus rubellus) PADA PAKAN FORMULA TERHADAP RETENSI LEMAK DAN RETENSI BAHAN ORGANIK TANPA NITROGEN (BOTN) PADA DAGING IKAN SIDAT (Anguilla bicolor) STADIA FINGERLING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP.102 18 Ist p-ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP.102 18 Ist p-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permintaan pasar akan ikan sidat sangat tinggi mencapai 500.000 ton per tahun terutama dari Jepang dan Korea. Keunggulan dari ikan sidat selain dari segi ekonomi yang dinilai sangat menguntungkan karena prospektif di pasar internasional, adalah dilihat dari kualitas ikan sidat itu sendiri yaitu kandungan gizinya, sebab kandungan vitamin dan mikronutrien pada ikan sidat sangat tinggi. Ikan sidat memiliki pertumbuhan yang lambat. Ikan sidat membutuhkan kadar protein sebesar ±45% untuk mencapai laju pertumbuhan optimal. Ikan membutuhkan protein dalam pakan sehingga cacing tanah yang mengandung protein diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi penggunaan cacing tanah pada pakan formula terhadap retensi lemak dan retensi bahan organik tanpa nitrogen pada ikan sidat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap sebagai rancangan percobaan. Perlakuan dengan penggunaan cacing tanah yaitu P0 (0%), P1 (25%), P2 (50%), P3 (75%), dan P4 (100%) masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter utama yang diamati adalah retensi lemak dan retensi bahan organik tanpa nitrogen pada daging ikan sidat. Parameter penunjang yang diamati adalah parameter kualitas air. Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA) dan untuk mengetahui perlakuan terbaik dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian penggunaan cacing tanah pada pakan formula dapat meningkatkan retensi lemak yang berpengaruh terhadap kandungan lemak pada daging ikan sidat. Nilai retensi lemak menurun pada perlakuan P1 (9.06%) dengan dosis pakan formula 75% dan cacing tanah 25%. Cacing tanah pada pakan formula dapat meningkatkan retensi bahan organik tanpa nitrogen (BOTN) yang berpengaruh terhadap kandungan lemak kasar, serat kasar dan BETN pada daging ikan sidat. Nilai retensi bahan organik tanpa nitrogen (BOTN) menurun pada perlakuan P1 (4.47%) dengan pemberian 75% pakan formula dan 25% cacing tanah. Penambahan cacing tanah pada pakan formula perlu diteliti dan dikembangkan lagi karena terkait dengan lama pemeliharaan agar mendapatkan hasil retensi lemak dan retensi bahan organik tanpa nitrogen (BOTN) untuk pertumbuhan ikan sidat. Penggunaan pakan alami berupa cacing tanah (Lumbricus rubellus) atau kombinasi pakan formulasi pada perlakuan P3 pakan formula 25% dan cacing tanah 75% dan perlakuan P4 cacing tanah 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.102/18 Ist p
Uncontrolled Keywords: CACING TANAH, IKAN SIDAT
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL ISTIQOMAH, 14121131196UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Mashitah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:33
Last Modified: 14 Jan 2019 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78549
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item