MODEL KINERJA PERAWAT PONKESDES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KELUARGA MERAWAT LANSIA DI KABUPATEN BANGKALAN

Luluk Fauziyah Januarti, NIM. 131614153099 (2018) MODEL KINERJA PERAWAT PONKESDES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KELUARGA MERAWAT LANSIA DI KABUPATEN BANGKALAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 97_18 Jan m ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 97_18 Jan m.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Kinerja perawat sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan merupakan masalah yang sangat penting untuk dikaji dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Perawat sebagai tenaga kesehatan di Ponkesdes memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai kewenangan. Kinerja perawat dalam membuat asuhan keperawatan ditujukan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat melalui proses keperawatan agar masyarakat mandiri dalam upaya kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Model Kinerja perawat Ponkesdes dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Keluarga merawat Lansia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain explanatory survey dengan pendekatan cross-sectional, terdiri dari 78 responden dengan teknik sample menggunakan simple random sampling Data dianalisis dengan menggunakan Partials least square. Hasil: Faktor Individu latar belakang pengalaman,dan komunikasi perawat. yang berpenagaruh signifikan terhadap kinerja perawat Ponkesdes, faktor psikologi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat ponkesdes, faktor organisasi kepemimpinan dan sistem imbalan berpenagaruh signifikan terhadap kinerja perawat ponkesdes Faktor kinerja perawat ponkesdes berpengaruh signifikan terhadap kemandirian keluarga merawat lansia.. Diskusi: Hasil penelitian dapat digunakan perawat dalam melakukan intervensi keperawatan untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan lansia khususnya dalam membentuk kemandirian keluarga merawat lansia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 97/18 Jan m
Uncontrolled Keywords: Kinerja perawat, Ponkesdes, Kemandirian Keluarga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA410-410.9 Medical economics. Economics of medical care. Employment
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Luluk Fauziyah Januarti, NIM. 131614153099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantJoni Haryanto, Dr., S.Kp., M.Si.UNSPECIFIED
ConsultantSiti Nur Kholifah, Dr., S.KM., M.Kep., Sp.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 14 Jan 2019 01:56
Last Modified: 14 Jan 2019 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item