APLIKASI KEJUT LISTRIK TEGANGAN TINGGI (KLTT) TERHADAP REDUKSI BAKTERI Escherichia coli DAN Salmonella thyphimurium PADA FILET KAKAP MERAH (Lutjanus sp.)

DIMAS JAYA SUBAKTI, 141411133003 (2018) APLIKASI KEJUT LISTRIK TEGANGAN TINGGI (KLTT) TERHADAP REDUKSI BAKTERI Escherichia coli DAN Salmonella thyphimurium PADA FILET KAKAP MERAH (Lutjanus sp.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PK BP.113 18 Sub a-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP.113 18 Sub a-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Escherichia coli dan Salmonella thyphimurium merupakan cemaran bakteri yang banyak ditemukan pada produk filet segar. Kejut Listrik Tegangan Tinggi (KLTT) merupakan proses non termal yang dapat digunakan untuk mereduksi bakteri patogen. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh KLTT terhadap reduksi bakteri Escherichia coli dan Salmonella thyphimurium pada filet kakap merah. Perlakuan yang digunakan adalah kejut listrik dengan tegangan berbeda, yaitu P0 (0 kVcm-1), P1 (10 kVcm-1), dan P2 (16 kVcm-1) dengan tiga kali ulangan. Parameter utama penelitian meliputi nilai Angka Paling Memungkinkan (APM) Escherichia coli dan keberadaan (+\-) Salmonella thyphimurium. Parameter pendukung penelitian meliputi nilai tekstur, nilai centrifugal loss, dan nilai kadar air. Data perubahan nilai APM Escherichia coli, nilai tekstur, nilai centrifugal loss, dan nilai kadar air dianalisis menggunakan ANOVA (analysis of variance) dan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan perlakuan KLTT dapat mereduksi bakteri Escherichia coli (P<0,05) dan Salmonella thyphimurium pada filet kakap merah. Perlakuan KLTT dapat mereduksi Escherichia coli sebesar 32,67 APM/g (10 kVcm-1) dan 109,27 APM/g (16 kVcm-1). Salmonella thyphimurium pada filet kakap merah bernilai negatif setelah diberi perlakuan KLTT 10 kVcm-1 dan 16 kVcm-1, sedangkan kontrol (0 kVcm-1) bernilai positif. Berdasarkan penelitian ini, KLTT dapat digunakan untuk mereduksi Escherichia coli and Salmonella thyphimurium pada filet. Penelitian lanjutan mengenai pengaruh KLTT terhadap struktur protein filet kakap merah perlu dilakukan untuk menentukan tegangan optimum yang dapat diinduksi tanpa merubah kualitas mutu filet kakap merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP.113/18 Sub a
Uncontrolled Keywords: BAKTERI Escherichia coli, KAKAP MERAH
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
DIMAS JAYA SUBAKTI, 141411133003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Pramono, S.Pi., M.BiotechUNSPECIFIED
Thesis advisorRr. Juni Triastuti, Dr., S.Pi., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:00
Last Modified: 14 Jan 2019 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78605
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item