EFEKTIFITAS PEMAKAIAN OBAT ORAL SILODOSIN DAN NATRIUM DIKLOFENAK DALAM MENGURANGI NYERI SETELAH PELEPASAN DJ STENT DI RSUD Dr.SOETOMO SURABAYA (Prospektif-Eksperimental, Randomised Control Trial, double blind)

Hasroni Fathurrahman, NIM011318196303 (2018) EFEKTIFITAS PEMAKAIAN OBAT ORAL SILODOSIN DAN NATRIUM DIKLOFENAK DALAM MENGURANGI NYERI SETELAH PELEPASAN DJ STENT DI RSUD Dr.SOETOMO SURABAYA (Prospektif-Eksperimental, Randomised Control Trial, double blind). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKKU. 46 18 Fat e.pdf

Download (189kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKKU. 46 18 Fat e.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan: untuk menganalisa, mengukur, membandingkan, membuktikan dan menilai efektifitas antara silodosin, natrium diklofenak, dan kombinasi antara silodosin dan natrium diklofenak terhadap nyeri paska pelepasan Double J (DJ) stent. Metode: 33 pasien dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok I (Natrium Diklofenak 50 mg), kelompok II (Silodosin 8 mg) dan kelompok III (kombinasi Natrium Diklofenak 50 mg dan Silodosin 8 mg). Wong Baker Pain Scale (WBPS) dinilai secara serial, sebelum tindakan aff DJ stent (2 jam), durante lepas DJ stent dan setelah aff DJ stent (2 jam & 24 jam). Analisa data dengan uji ANOVA, Kruskal-Wallis dan Friedman. Hasil: Wong Baker disajikan dalam bentuk median (min-max). WBPS pada tiap kelompok tidak berbeda signifikan secara statistik (WBPS) terendah durante op didapatkan pada kelompok III. Kelompok III lebih baik dan signifikan secara statistik dalam menurunkan nyeri dibandingkan dengan kelompok I dan kelompok II (p<0,05). WBPS 2 jam post op pada tiap kelompok menurun dan terlihat kelompok kombinasi lebih baik juga secara statistik dalam mengurangi nyeri dibandingkan dengan kelompok II, sedangkan kelompok kombinasi dan kelompok I memiliki efektifitas yang sama.. WBPS 24 jam post op memiliki nilai yang sama dan tidak berbeda secara signifikan. Tidak ditemukan adanya efek samping dan adverse event pada penggunaan Natrium Diklofenak, Silodosin dan kombinasinya. Kesimpulan: penggunaan dosis tunggal obat oral kombinasi Natrium Diklofenak dan Silodosin, efektif dalam mengurangi nyeri setelah pelepasan DJ stent.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKKli 46/18 Fat e
Uncontrolled Keywords: silodosin, natrium diklofenak, nyeri, pelepasan DJ stent, skala nyeri wong baker
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Hasroni Fathurrahman, NIM011318196303NIM011318196303
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLukman Hakim, , dr., Sp.U(K), MARS, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorDoddy M. Soebadi, Prof DR. , dr., Sp.B, Sp.U(K)UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:02
Last Modified: 15 Jan 2019 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item