PERBEDAAN EFEK APOPTOSIS PEMBERIAN KOMBINASI MELOKSIKAM DAN KEMOTERAPI GEMCITABINE CARBOPLATIN DIBANDINGKAN KEMOTERAPI GEMCITABINE CARBOPLATIN PADA SEL KULTUR KARSINOMA UROTHELIAL

Ananta Cahyo Nugroho, NIM01131896305 (2018) PERBEDAAN EFEK APOPTOSIS PEMBERIAN KOMBINASI MELOKSIKAM DAN KEMOTERAPI GEMCITABINE CARBOPLATIN DIBANDINGKAN KEMOTERAPI GEMCITABINE CARBOPLATIN PADA SEL KULTUR KARSINOMA UROTHELIAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak TKKU. 48 18 Nug p.pdf

Download (220kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext TKKU. 48 18 Nug p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan: Mengetahui perbedaan efek apoptosis pemberian kombinasi meloksikam dan kemoterapi gemcitabin carboplatin dibandingkan kemoterapi gemcitabine karboplatin saja sebagai standard of care pada sel kultur karsinoma urothelial. Bahan & Cara: Jenis penelitian ini adalah eksperimental in vitro menggunakan sel kultur karsinoma urothelial human bladder cell carcinoma tipe 5637 yang dibiakkan di laboratorium. Pada penelitian ini, kelompok penelitian dibagi menjadi 3 dengan 5 replikasi pada tiap kelompok, yaitu kelompok kontrol tanpa perlakuan, kelompok gemcitabine-carboplatin, dan kelompok kombinasi meloksikam gemcitabinecarboplatin. Untuk menentukan dosis meloksikam, gemcitabine, carboplatin dan waktu evaluasi apoptosis, dilakukan uji sitotoksik dengan metode MTT assay. Waktu pengamatan apoptosis dilakukan selama 24 jam. Apoptosis dinilai menggunakan reagen Apoptotag dari Trevigen®. Pengamatan apoptosis yang ditandai dengan reaksi positif (berwarna coklat) terhadap kerusakan strand DNA dengan menggunakan metode TUNEL assay. Analisis data dilakukan dengan studi komparasi apoptosis antar kelompok menggunakan One Way ANOVA dengan nilai signifikan bila p<0.05. Analisis dilanjutkan dengan uji post hoc, untuk mengetahui perbedaan pada tiap kelompok. Hasil: Rerata apoptosis pada kelompok kontrol adalah 0.748%, kelompok Gemcitabine-Carboplatin rerata apoptosis 80.336% dan kelompok kombinasi Meloksikam Gemcitabine-Carboplatin rerata nilai apoptosis 83.312%. Analisis post hoc Bonferroni antara menunjukan hasil yang perbedaan yang signifikan antara kelompok kombinasi meloksikam gemcitabine-carboplatin dengan kelompok gemcitabine-carboplatin (p=0.026) dan kelompok kontrol (p=0.000). Simpulan: Terapi kombinasi meloksikam gemcitabine-carboplatin memiliki efek apoptosis yang signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan gemcitabinecarboplatin saja.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKKli 48/18 Nug p
Uncontrolled Keywords: Meloksikam, gemcitabine, carboplatin, apoptosis.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Ananta Cahyo Nugroho, NIM01131896305NIM01131896305
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLukman Hakim, , dr., Sp.U(K), MARS, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorWahjoe Djatisoesanto, DR. , dr., Sp.U(K)UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jan 2019 03:34
Last Modified: 15 Jan 2019 05:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78623
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item