SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN INSTRUMEN KIMIA CV. ARTECH DINAMIKA SURABAYA

HASNA RIZKI KURNIA ANNAFI, 151511513030 (2018) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DAN INSTRUMEN KIMIA CV. ARTECH DINAMIKA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV SI 25_18 Ann s Abstrak.pdf

Download (41kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV SI 25_18 Ann s.pdf
Restricted to Registered users only until 14 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat sistem informasi yang dapat menangani proses persediaan bahan baku dan instrument kimia pada CV. Artech Dinamika Surabaya sehingga sistem menjadi lebih efektif dan efisien untuk dijalankan serta dapat meminimalkan terjadinya kesalahan dan manipulasi data yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan. Sistem ini menangani enam proses utama yaitu pembuatan registrasi proyek, permintaan bahan baku dan instrument kimia, pembelian bahan baku dan instrument kimia, penerimaan bahan baku dan instrument kimia dan pemakaian bahan baku dan instrument kimia serta pembuatan laporan. Sistem Informasi Manajemen Persediaan Bahan Baku dan Instrumen Kimia CV. Artech Dinamika Surabaya dibangun melalui lima tahap Tahap pertama yang dilakukan adalah identifikasi kebutuhan data yang dilakukan dengan wawancara. Tahap kedua adalah menganalisis permasalahan sistem saat ini dengan membuat Document Flow Diagram (Docflow) dan fishbone Diagram. Tahap ketiga adalah mendesain sistem dan database. Desain sistem digambarkan dengan Diagram Jenjang yang mempunyai enam proses utama, dan Data Flow Diagram (DFD). Sedangkan desain database dibuat menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang menghasilkan 15 entitas dan Physical Data Model (PDM) yang meghasilkan 15 tabel. Berdasarkan desain tersebut kemudian dilanjutkan dengan mendesain form input dan output. Tahap keempat adalah menggambarkan sistem dengan Bagan Alir, serta mengimplementasikan desain tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah melakukan uji coba sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Manajemen Persediaan Bahan Baku Dan Instrumen Kimia CV. Artech Dinamika Surabaya yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada kegiatan pengadaan bahan baku yaitu dapat menangani beberapa proses bisnis secara mudah dan dapat menampilkan laporan secara tepat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.SI 25/18 Ann s
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Manajemen, Persediaan Bahan Baku dan Instrumen Kimia, berbasis web, CV. Artech Dinamika Surabaya
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
HASNA RIZKI KURNIA ANNAFI, 151511513030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Purwanti,, S.Si, M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 14 Jan 2019 06:49
Last Modified: 14 Jan 2019 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item