METODE PROPIOCEPTIVE NEUROUMUSCULAR FASCILITATION PADA STROKE ISKEMIK FASE RECOVERY

Luthfiyatus Setia Rahman, 151510213015 (2018) METODE PROPIOCEPTIVE NEUROUMUSCULAR FASCILITATION PADA STROKE ISKEMIK FASE RECOVERY. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV FST 05 18 Rah m - ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV FST 05 18 Rah m - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 15 January 2022.

Download (509kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke atau biasa disebut dengan gangguan pembuluh darah otak atau GPDO adalah gangguan neurologi akut dimana suplay darah ke otak terganggu. Hal ini berdasarkan data dari RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) pada 2013 yang mana 1,21% dari total pasien di Indonesia di diagnosa stroke. Stroke adalah pembunuh nomer 3 serta nomer 2 penyebab disabilitas dan gangguan mobilitas. Defisit neurologis menyebabkan penurunan kekuatan otot anggota gerak terutama anggota gerak bawah dan penurunan keseimbangan adalah dua faktor penting yang berkolerasi dengan kemampuan berjalan. Faktor yang sering menyebabkan terjadinya stroke antara lain hipertensi, gangguan jantung, dan diabetes. Faktor lain yang dapat menyebabkan menyebabkan stroke antara lain merokok, tingginya kolestrol dalam darah, kontrasepsi oral, obesitas, alkohol, status sosial, aktivitas fisik, gangguan pernapasan, dan genetik. Hipertensi adalah faktor penyebab terbesar terjadinya stroke. Gangguan–gangguan pada kondisi stroke tentunya berpengaruh pada hilangnya kontrol motorik yang berakhir pada hilangnya koordinasi dan kemampuan keseimbangan tubuh dan postur (kemampuan untuk mempertahankan posisi tertertentu). Propioceptive Neuromuscular Fascilitation yang dikenal dengan istilah PNF merupakan salah satu jenis terapi latihan pada pasien stroke yang dapat melatih kemampuan motorik pada pasien stroke dengan hemiparese. Macam-macam teknik PNF yang dapat digunakan seperti rhytmical initiation dan slow reversal.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST 05/18 Rah m
Uncontrolled Keywords: Stroke, Proprioceptive Neuromuscular Fascilitation
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Luthfiyatus Setia Rahman, 151510213015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr., dr., Sp.KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorSiswoyo Cahyono, SST.FTUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 15 Jan 2019 08:33
Last Modified: 15 Jan 2019 08:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item