FISIOTERAPI PADA CARPAL TUNNEL SYNDROME DENGAN PEMBERIAN USD DAN TERAPI LATIHAN

Novia Ira Aziza, 151510213011 (2018) FISIOTERAPI PADA CARPAL TUNNEL SYNDROME DENGAN PEMBERIAN USD DAN TERAPI LATIHAN. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV FST 21 18 Azi f - ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV FST 21 18 Azi f - FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Carpal Tunnel Syndrome merupakan kumpulan gejala dan presentasi klinis yang muncul akibat terjepitnya nervus medianus di terowongan karpal. Faktor apapun yang mengurangi celah pada terowongan karpal atau menyebabkan isi dari terowongan karpal melebar dapat menekan atau membatasi mobilitas dari nervus medianus. Gejala awal yang muncul berupa gangguan sensoris seperti kesemutan, nyeri pada pergelangan tangan dan ketika semakin parah dapat menyebabkan gangguan motoris dimana terjadi kelemahan otot-otot tangan yang diinervasi oleh nervus medianus. Gejala-gejala tersebut dapat mengganggu penderita ketika beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari karena tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki peran penting dalam menjalankan aktifitas. Beberapa kasus menyebutkan penderita sering terbangun karena meningkatnya gejala yang dirasakan. Terapi konservatif dapat menjadi salah satu pilihan manajemen dari carpal tunnel syndrome seperti pemberian modalitas ultrasound diathermy dan terapi latihan berupa longitudinal stretching dan general stretching exercises. Gelombang suara berfrekuensi tinggi pada ultrasound diathermy mampu meningkatkan permeabilitas jaringan, aliran darah lokal, metabolisme dalam jaringan, ekstensibilitas jaringan, dan kecepatan konduksi saraf. Latihan peregangan diberikan dengan tujuan memperbaiki pergerakan nervus medianus, merilis kompresi, dan meningkatkan kemampuan gerakan dari persendian pergelangan tangan dan jari-jari tangan. Berkurangnya gangguan sensoris dan nyeri mampu meningkatkan peran tangan dan meningkatkan kemampuan fungsional penderita dalam beraktifitas sehari-hari serta mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut seperti kelemahan otot.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV. FST 21/18 Azi f
Uncontrolled Keywords: carpal tunnel syndrome, ultrasound diathermy, stretching exercises
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM930-931 Rehabilitation therapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Novia Ira Aziza, 151510213011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR.A. Meisy Andriana,, Dr. dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorMuh. Aziiz Sukma W.,, S.Tr.Kes.,UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Jan 2019 02:40
Last Modified: 16 Jan 2019 02:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/78960
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item