PERAN DAN PROFESIONALISME FRONT DESK AGENT DI JAMBULUWUK CONVENTION HALL & RESORT BATU

EDHI INDARTO, 151511113013 (2018) PERAN DAN PROFESIONALISME FRONT DESK AGENT DI JAMBULUWUK CONVENTION HALL & RESORT BATU. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak kkb kk-2 fv.mp 52-18 Ind p-min.pdf

Download (29kB)
[img] Text (FULLTEXT)
kkb kk-2 fv.mp 52-18 Ind p-min.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setelah penulis melaksanakan praktik kerja lapangan di Jambuluwuk Batu Village Resort & convention Hall selama 4 (empat) bulan banyak sekali pengalaman yang didapatkan Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu merupakan salah satu hotel resort berbintang 5 di Batu, Malang yang didukungoleh tenaga kerja yang profesional. Front Office Department Adalah salah satu Departement terpenting yang berada di hotel karena semua tamu ketika datang ke hotel pihak yang ditemui pertama kalinya adalah Front Office dan segala jenis informasi yang ditujukan oleh tamu juga pertama kali melalui Front Office Selain memberi informasi terhadap tamu Front Office Department juga bekerja sama dan memberi informasi dengan Department lain seperti House Keeping dalam proses mempersiapkan kamar kepada tamu dan juga segala permintaan tamu seperti penambahan extra bed. Informasi dari tamu pertama kali melalui Front Office lalu dilanjutkan ke House Keeping. Front Office Department di Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu Front Office Department di Jambuluwuk Convention Hall & Resort Batu Hall total memiliki 15 orang staff yang terdiri dari berbagai section antara lain, meliputi : Front Desk Agent, Guest Relation Officer, Admin, Conciergie, Outbond dan Sport Center section pada Front Office Department memiliki tugas masing-masing salah satunya adalah section Front Desk Agent. Front Desk Agent merupakan salah satu section di Front Office Department yang bertugas untuk melayani dan memproses kedatangan tamu dari awal hingga akhir Front Desk Agent juga sebagai perwakilan manajemen untuk menampilkan kesan pertama yang baik dan berkesan, karena itulah di dalam section Front Desk diperlukan sifat-sifat yang menawan dan mempunyai keramah tamahan serta mempunyai mental sebagai petugas pelayanan dan juga sebagai pemberi informasi kepada tamu terkai fasilitas hotel dan lain lain tidak hanya bertugas sebagai penerima tamu Front Desk Agent tetapi juga dituntut untuk memiliki sikap profesionalisme yang tinggi dalam melakukan setiap pekerjaan. Profesionalisme kerja sejatinya sangatlah penting dalam dunia pekerjaan karena dengan sikap profesional akan memberikan hasil kerja yang efektif dan efisien sikap profesionalisme seperti diantara lain Pengetahuan (knowledge) pegawai dalam memberikan pelayanan, Kemampuan pegawai melaksanakan pekerjaan, Ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan, Tanggung jawab terhadap pekerjaan, Koordinasi dan kerja sama baik dengan Departemen terkait atau Departemen lain. Permasalahan yang terjadi seperti permaslahan data pada saat akan mengupdate data tamu terjadi kesalahan kecil seperti salah mengupdate atau tidak lengkapnya data yang di update dan permasalaha selanjutnya adalah permasalahan komunikasi permasalahan ini terjadi karena salah penyampaian informasi kepada orang lain atau Departemen lain maka dari itu komunikasi bisnis sangatlah berperan penting dalam setiap bidang pekerjaan karena pekerjaan akan menjadi efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP 52/18 Ind p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
EDHI INDARTO, 151511113013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIAN YULIE REINDRAWATI, S.Sos., M.M., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:01
Last Modified: 21 Jan 2019 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item