PERBANDINGAN KOEFISIEN GESEK DAN KEKASARAN PERMUKAAN KAWAT SS, NiTi, NiTiCu TERHADAP BREKET STANDARD EDGEWISE (Studi In Vitro)

YUNIAR ELSA DWINURIA, 021518066306 (2018) PERBANDINGAN KOEFISIEN GESEK DAN KEKASARAN PERMUKAAN KAWAT SS, NiTi, NiTiCu TERHADAP BREKET STANDARD EDGEWISE (Studi In Vitro). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
PPDSG.ORT.15-18 Dwi p abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text (fulltext)
PPDSG.ORT.15-18 Dwi p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2022.

Download (930kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Gaya gesek yang rendah pada pergerakan gigi ortodonti dapat mempercepat pergerakan gigi dan gaya dapat diteruskan gigi dengan jangka waktu aktivasi yang lebih lama sehingga baik untuk respon jaringan. Koefisien gesek dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya karakteristik permukaan kawat busur. Dalam praktek dokter gigi kawat yang sering digunakan yaitu SS, NiTi, dan NiTiCu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar koefisien gesek perbedaan kekasaran kawat busur SS, NiTi, dan NiTiCu pada breket standard edgewise. Metode: Penelitian ini menggunakan 21 kawat busur yang dibagi menjadi 3 kelompok, berdasarkan jenis kawat busur yang digunakan, yaitu: (n=7). Kelompok SS, kelompok NiTi, dan kelompok NiTiCu. Kawat busur diligasi menggunakan power-o pada breket standard edgewise dan diterapkan pergerakan sliding mechanism pada sampel. Koefesien gesek dari tiap kelompok diukur dengan menggunakan Mesin Autograph. Kemudian dilakukan uji topografi morfologi pada sampel dengan SEM. Hasil: Terdapat perbedaan gaya gesek yang signifikan antara gaya gesek tiga jenis kawat busur SS,NiTi, and NiTiCu. Kelompok kawat busur SS menghasilkan gaya gesek paling rendah dibanding kawat busur NiTi dan NiTiCu. Pemeriksaan Scanning Electron Microscope menunjukkan bahwa kawat busur SS memiliki permukaan paling halus. Kesimpulan: Kawat busur SS memiliki gaya gesek paling rendah sehingga baik digunakan untuk pergerakan gigi ketika space closing

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.ORT.15/18 Dwi p
Uncontrolled Keywords: Gaya gesek, Kekasaran Permukaan, Nikel Titanium, Nikel Titanium Cupper, Stainless steel
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Orthodontics
Creators:
CreatorsNIM
YUNIAR ELSA DWINURIA, 021518066306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Sjamsudin, , drg., Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorIda Bagus Narmada, Dr. , drg., Sp.Ort(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 05:08
Last Modified: 24 Jan 2019 08:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item