DISTRIBUSI PASIEN DENGAN SINDROMA ALERGI DAN INTOLERANSI OBAT MULTIPEL DI DIVISI BEDAH MULUT DAN MAKSILOFASIAL RSUD Dr. SOETOMO

ANINDITA ZAHRATUR RASYIDA, 021218016303 (2018) DISTRIBUSI PASIEN DENGAN SINDROMA ALERGI DAN INTOLERANSI OBAT MULTIPEL DI DIVISI BEDAH MULUT DAN MAKSILOFASIAL RSUD Dr. SOETOMO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (650kB)
[img] Text (fulltext)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 23 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sindroma alergi dan intoleransi obat multipel adalah diagnosis yang diberikan kepada pasien yang menunjukan reaksi adversi terhadap 2 atau lebih obat-obatan; dimana pada alergi obat didasari dengan mekanisme mediasi sistem imun; sedangkan pada intoleransi obat tidak didasari dengan mediasi sistem imun. Meski berbeda secara terminologi dan mekanisme sistem imun yang mendasari; tetapi reaksi yang tidak diharapkan pasca paparan obat-obatan ini dapat sama-sama memberikan keadaan gawat darurat medis yang menimbulkan reaksi beragam. Bedah mulut dan maksilofasial adalah bagian dari kedokteran gigi yang melibatkan penggunaan bahan material dan obat-obatan yang luas sehingga berpotensi terhadap sindroma. Tujuan: untuk mendeskripsikan pasien dengan sindroma alergi dan intoleransi obat multipel di divisi Bedah Mulut dan Maksilofasial, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Metode: penelitian ini adalah studi retrospektif dengan metode deskriptif menggunakan purposive sampling terhadap rekam medis pasien dengan sindroma alergi dan intoleransi obat multipel di divisi Bedah Mulut dan Maksilofasial, RSUD Dr. Soetomo, Tahum 2016-2017. Hasil: didapatkan data 10 sampel. Distribusi data demografik didapatkan 60% adalah perempuan dengan rata-rata usia 34 tahun. 60% pasien memiliki riwayat penyakit komorbid. Obat-obatan yang menjadi sumber alergi/ intoleransi terbanyak adalah antibiotik (70%) dan NSAID (60%). Riwayat alergi dan intoleransi dibagi menjadi gejala mayor dan minor dengan tatalaksana secara multidisiplin terdiri atas kerjasama dengan konsultasi atau tatalaksana rawat bersama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.BMM.03/18 Ras d
Uncontrolled Keywords: alergi dan intoleransi obat multipel, kedokteran gigi, bedah mulut dan maksilofasial
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Oral and Maxilofacial Surgery (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
ANINDITA ZAHRATUR RASYIDA, 021218016303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Soesanto, drg., M.Kes., Sp.BM(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorRoberto M. Simandjuntak, drg., MS., Sp. BM(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorNining Dwi Suti Ismawati, drg., Sp.BM(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 04:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item