Banjar Gubeng Kertajaya (Studi Deskriptif Keberadaan Banjar Gubeng Kertajaya Di Surabaya)

Dinda Astrid Eka Ganesar, 071411731012 (2018) Banjar Gubeng Kertajaya (Studi Deskriptif Keberadaan Banjar Gubeng Kertajaya Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.24 18 Gan b.PDF

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.24 18 Gan b.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.24 18 Gan b.pdf

Download (378kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banjar Gubeng Kertajaya ialah wadah berkumpulnya masyarakat Hindu perantaun yang terletak di wilayah Surabaya khususnya di wilayah Gubeng. Banjar Gubeng Kertajaya berdiri pada tahun 1958. Banjar ini memiliki Pura Tertua kedua di wilayah Gubeng. Banjar Gubeng Kertajaya memiliki keanggotaan 60KK, keanggotaannya meliputi penggabungan Banjar Gubeng Kertajaya dengan Banjar Gubeng Jaya. Permasalahan yang muncul dalam penulisan penelitian ini adalah faktor yang mendasari keberadaan Banjar Gubeng Kertajaya ada di tengah era modernisasi yang berkembang di Kota Surabaya selain itu aktivitas yang dilakukan oleh para anggota Banjar Gubeng Kertajaya. Dalam penulisan ini peneliti menggunakan Teori Fungsionalisme Malinowski dan Interpretatif Simbolik Clifford Geertz. Pada bagian permasalahan faktor keberadaan Banjar Gubeng Kertajaya peneliti menggunakan Teori Fungsionalisme Malinowski dan Teori Interpretatif Simbolik Clifford Geertz. Sedangkan aktivitas yang dilakukan anggota Banjar dianalisis menggunakan teori Fungsionalisme Malinowski. Metode yang digunakan saat mengumpulkan data dilapangan adalah metode kualitatif karena dalam penelitian ini peneliti ikut terjun langsung dalam kegiatan yang ada didalam Banjar Gubeng Kertajaya. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai keberaadan Banjar Gubeng Kertajaya ialah Banjar ini merupakan wadah berkumpulnya masyarakat Hindu perantaun melakukan upacara keagamaan,bersosialisasi maupun berkeluh kesah sesama masyarakat dengan budaya yang sama. Selain adanya keberadaan Banjar Gubeng Kertajaya juga menjadi wadah kegiatan sosial yang biasa dilakukan masyarakat Hindu Perantuan ini untuk memperkuat kelompok etnis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.24/18 Gan b
Uncontrolled Keywords: Banjar Gubeng Kertajaya, Masyarakat Hindu Perantauan,Fungsionalisme
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS1525-1560 Religious societies
Q Science > Q Science (General) > Q10-101 Societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Dinda Astrid Eka Ganesar, 071411731012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Jan 2019 10:32
Last Modified: 23 Jan 2019 10:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item