HUBUNGAN PERSEPSI IKLIM SEKOLAH DENGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (GSA)

FATAYATI FAJRIN, 111411133017 (2018) HUBUNGAN PERSEPSI IKLIM SEKOLAH DENGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DENGAN GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (GSA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
PSI 03_09 Faj h Abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PSI 03_09 Faj h.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan persepsi iklim sekolah terhadap keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA). Iklim sekolah didefinisikan sebagai persepsi orang tua tentang sejauhmana kondisi lingkungan sekolah mendukung iklim akademik dan iklim sosial agar menciptakan sekolah yang efektif (Schueler, dkk., 2014). Sementara keterlibatan orang tua didefinisikan sebagai suatu partisipasi orang tua terhadap aktivitas yang mendukung pembelajaran dan pendidikan anak (Hoover-Dempsey, & Sandler, 2005). Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survei. Penarikan sampel dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh 15 SDN inklusi dari seluruh kawasan kota Surabaya secara merata. Jumlah responden mencapai 41 orang tua yang memiliki anak dengan GSA. Alat ukur penelitian yang digunakan ialah skala persepsi iklim sekolah Schueler (2014) yang diadaptasi oleh penulis dengan koefisien reliabilitas sebesar .77 dan skala keterlibatan orang tua Wulandari (2014) dengan r = .86. Analisis data dilakukan dengan teknik korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 22 for Windows. Hasil menunjukkan terdapat hubungan signifikan persepsi iklim sekolah terhadap keterlibatan orang tua dengan nilai korelasi 0,43, p < 0,05. Nilai korelasi tersebut menunjukkan korelasi sedang dengan arah positif, yang artinya setiap peningkatan persepsi iklim sekolah dapat meningkatkan keterlibatan orang tua. begitu sebaliknya, nilai persepsi sekolah yang rendah berhubungan dengan keterlibatan yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 03/19 Faj h
Uncontrolled Keywords: Persepsi Iklim Sekolah, Keterlibatan Orang tua, Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA), Sekolah Inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FATAYATI FAJRIN, 111411133017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTino Leonardi,, M.Psi., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 24 Jan 2019 05:15
Last Modified: 24 Jan 2019 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item