PERUBAHAN JUMLAH SEL LIMFOSIT DAN MANIFESTASI KLINIS SETELAH APLIKASI TOPIKAL MINYAK ESENSIAL KULIT JERUK LEMON (Citrus limon L.) 0,78% PADA UJI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV

SEKAR ALIFA PUTRI EKAPERDANA, 021511133131 (2018) PERUBAHAN JUMLAH SEL LIMFOSIT DAN MANIFESTASI KLINIS SETELAH APLIKASI TOPIKAL MINYAK ESENSIAL KULIT JERUK LEMON (Citrus limon L.) 0,78% PADA UJI HIPERSENSITIVITAS TIPE IV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KG 30 19 Eka p.pdf

Download (22kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT KG 30 19 Eka p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 January 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Minyak esensial kulit buah jeruk lemon (Citrus limon L.) adalah bahan herbal yang telah banyak diteliti memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, anti fungi, anti oksidan, dan anti kanker. Kandungan seperti D-Limonene, Citral, dan Linalool diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Untuk mengembangkan minyak esensial kulit buah jeruk lemon sebagai bahan terapeutik pada bidang kedokteran gigi, diperlukan suatu uji bahan, salah satunya uji hipersensitivitas tipe IV. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan jumlah sel limfosit dan manifestasi klinis setelah aplikasi topikal minyak esensial dari kulit jeruk lemon (Citrus limon L.) 0.78% pada uji hipersensitivitas tipe IV Metode: Penelitian dilaksanakan dengan memakai hewan guinea pig (Cavia cobaya), jenis kelamin jantan, dan mempunyai berat 300-500 gram. Penelitian dimulai dengan pra penelitian untuk menentukan konsentrasi minyak esensial kulit jeruk lemon yang digunakan pada penetitian utama. Konsentrasi yang digunakan adalah 0,39%, 0,78%, dan 1,56%. Pada penelitian utama, kelompok kontrol diinjeksi dengan larutan fisiologis+CMC 3% dan pada kelompok perlakuan diinjeksi dengan gel minyak esensial kulit jeruk lemon konsentrasi 1,56%. Pada hari ketujuh dilakukan induksi. Pada hari ke dua puluh satu, dilakuan tahapan Challenge. Kemudian dilakukan pengamatan klinis saat 48 dan 72 jam. Waktu pengambilan jaringan dilakukan pada 72 jam setelah bahan dilepaskan dari punggung guinea pig. Hasil: Analisa data menggunakan T-test didapatkan perbedaan signifikan jumlah sel limfosit pada kelompok kontrol dan perlakuan serta tidak didapatkan manifestasi klinis. Simpulan: Minyak esensial kulit buah jeruk lemon (Citrus limon L.) dapat meningkatkan jumlah sel limfosit dan tidak tidak menimbulkann manifestasi klinis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 30/19 Eka p
Uncontrolled Keywords: Minyak esensial kulit jeruk lemon, Citrus limon L., sel limfosit, hipersensitivitas tipe IV
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
SEKAR ALIFA PUTRI EKAPERDANA, 021511133131UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatma Yasmin Mahdani, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:49
Last Modified: 28 Jan 2019 04:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79572
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item