PENGARUH EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Christm. Swingle) TERHADAP PROLIFERASI FIBROBLAS DAN ANGIOGENESIS PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR (Penelelitian Eksperimenal Pada Tikus Wistar)

PUTHI YLVI INTAN SATI, 021511133154 (2018) PENGARUH EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia Christm. Swingle) TERHADAP PROLIFERASI FIBROBLAS DAN ANGIOGENESIS PADA SOKET PENCABUTAN GIGI TIKUS WISTAR (Penelelitian Eksperimenal Pada Tikus Wistar). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KG 54 19 Sat p.pdf

Download (164kB)
[img] Text (Fulltext)
KG 54 19 Sat p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (982kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pencabutan gigi adalah tindakan mengeluarkan gigi dari soket tulang alveolar, dimana akan menyebabkan terjadinya luka. Luka adalah salah satu penyebab utama ketidakmampuan fisik berfungsi dengan maksimal. Luka pada mukosa oral akan sembuh lebih cepat dibandingkan luka pada kulit, walaupun begitu rongga mulut termasuk bagian tubuh yang secara terus menerus menerima tekanan mekanik maupun paparan bahkan kimia sehingga jika dibiarkan akan menghambat fungsi seperti makan dan berbicara. Penyembuhan luka yang terhambat akan berdampak pada penurunan kualitas hidup seseorang sehingga pasien mengalami banyak hambatan dalam melakukan kegiatannya. Proliferasi fibroblas dan proses angiogenesis adalah faktor penting pada proses penyembuhan luka, fibroblas akan menstimulasi jaringan matriks ekstraseluler dan angiogenesis diperlukan agar terjadi proses regenerasi jaringan. Kulit jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin dimana bahan tersebut memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang dapat mempercepat penyembuhan pada luka. Tujuan: Mengamati pengaruh ekstrak kulit jeruk nipis terhadap proliferasi fibroblas dan angiogenesis pada soket pencabutan gigi tikus wistar. Metode: 24 ekor tikus wistar dibagi menjadi 4 kelompok; 2 kelompok kontrol dan 2 kelompok perlakuan. Ekstrak kulit jeruk nipis 50% diberikan pada kelompok perlakuan. Jumlah fibroblas dan pembuluh darah baru dihitung secara statistik menggunakan independent T-test. Hasil: Terdapat perbedaan signifikan jumlah fibroblas dan pembuluh darah baru pada soket pencabutan gigi tikus wistar hari ketiga (p = 0.000; p < α = 0.05) dan hari kelima (p = 0.000; p < α = 0.05). Kesimpulan: Gel ekstrak kulit jeruk nipis 50% dapat meningkatkan proliferasi fibroblas dan angiogenesis pada penyembuhan luka soket pencabutan gigi tikus wistar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 54/19 Sat p
Uncontrolled Keywords: Tooth extraction, wound healing, fibroblasts, angiogenesis, lime peel
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
PUTHI YLVI INTAN SATI, 021511133154UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoberto M. Simandjuntak, drg., MS., Sp.BM(K),UNSPECIFIED
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:47
Last Modified: 06 Feb 2019 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79691
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item