PERAN NEONATAL EMERGENCY TRANSPORT SERVICES SURABAYA (NETSS) DALAM UPAYA MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN BAYI DI SURABAYA

ISHAMI YUSRINASARI PURNAMA, NIM011511133018 (2018) PERAN NEONATAL EMERGENCY TRANSPORT SERVICES SURABAYA (NETSS) DALAM UPAYA MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN BAYI DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (250kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kematian bayi adalah kematian anak kurang dari satu tahun, yang sampai saat ini angka terjadinya kematian bayi masih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan masa bayi merupakan waktu yang paling rentan untuk kelangsungan hidup anak karena pada masa tersebut terjadi perubahan yang sangat besar dari kehidupan di dalam rahim dan terjadi pematangan organ hampir pada semua sistem dan kematian bayi banyak terjadi pada saat neonatus. Angka kematian neonatus di Indonesia masih sangat tinggi dibandingkan dengan negara berkembang yang lain. Di Indonesia, beberapa keadaan utama yang menyebabkan kematian neonatus pada usia 0–6 hari adalah gangguan regulasi suhu, komplikasi akibat kehamilan dan saat melahirkan, dilanjutkan dengan gangguan respirasi dan kardiovaskular. Transportasi antar fasilitas pasien neonatal dan anak yang sakit kritis telah berkembang pesat dari memindahkan pasien bayi atau neonatus, adanya rumah sakit tersier anak, tim khusus perawatan yang lebih mahir, terapi yang dilakukan dan diarahkan pada tujuan tertentu, dan intervensi perawatan pasien bayi atau neonatus dengan kondisi kritis dan pemantauan di NICU. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian berasal dari data primer yaitu wawancara mendalam (in-depth interview) dan data sekunder yaitu data yang didapatkan dari RSUD Dr. M. Soewandhie Surabaya dan Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data wawancara mendalam dengan Ketua layanan Neonatal Emergency Transport Services Surabaya (NETSS), Penanggung Jawab Operasional Neonatal Emergency Transport Services Surabaya (NETSS), Koordinator Perawat – Bidan IGD - NETSS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.PD 14/19 Pur p
Uncontrolled Keywords: NETSS, Neonatal Transport, Infant Mortality Rate
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.5-645.9 Emergency medical services
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Creators:
CreatorsNIM
ISHAMI YUSRINASARI PURNAMA, NIM011511133018NIM011511133018
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRISA ETIKA, Dr. dr., SpA(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorPIRLINA UMIASTUTI, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 02:55
Last Modified: 30 Jan 2019 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item