PENGARUH KOMPONEN HUMAN CAPITAL TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA

AMANDA AURELLIA, 101411133032 (2018) PENGARUH KOMPONEN HUMAN CAPITAL TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 31 19 Aur p.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 31 19 Aur p.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Bedah Surabaya memiliki indikator mutu pada urusan personalia untuk menjaga kualitas karyawan dalam memberikan pelayanan. Salah satu indikatornya adalah angka keterlambatan dan pulang cepat pejabat struktural. Rata-rata angka keterlambatan pejabat struktural pada tahun 2017 mencapai 74,94% dari standar yang telah ditetapkan yaitu 0%. Indikator tersebut dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk dapat menilai disiplin kerja karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh komponen human capital yang terdiri dari individual capability, individual motivation, leadership style dan organizational climate terhadap disiplin kerja karyawan di Rumah Sakit Bedah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik observasional dengan rancang bangun penelitian cross sectional study. Pengambilan data dilaksakan dengan membagikan 4 macam kuesioner pada 32 pejabat struktural sebagai responden penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Logistik. Hasil uji statistik pengaruh individual capability terhadap disiplin kerja tidak menunjukkan adanya pengaruh, yaitu dengan nilai p sebesar 0,099 (lebih besar dari α=0,05). Hasil uji statistik pengaruh individual motivation terhadap disiplin kerja menunjukkan adanya pengaruh, yaitu dengan nilai p sebesar 0,019 (lebih kecil dari α=0,05). Hasil uji statistik pengaruh leadership style terhadap disiplin kerja tidak menunjukkan adanya pengaruh, yaitu dengan nilai p sebesar 0,121 (lebih besar dari α=0,05). Hasil uji statistik pengaruh organizational climate terhadap disiplin kerja menunjukkan adanya pengaruh, yaitu dengan nilai p sebesar 0,046 (lebih kecil dari α=0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah individual motivation dan organizational climate memberikan pengaruh terhadap disiplin kerja karyawan. Perlu dilakukan peningkatan motivasi karyawan dan perubahan pada iklim organisasi di Rumah Sakit Bedah Surabaya dengan Diberlakukanya sistem reward bagi karyawan yang taat pada peraturan dan memberikan punishment pada karyawan yang melanggar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 31/19 Aur p
Uncontrolled Keywords: capability, motivation, leadership, organizational climate, disiplin
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AMANDA AURELLIA, 101411133032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:39
Last Modified: 30 Jan 2019 05:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item