UPAYA PERBAIKAN PENGELOLAAN REAGEN LABORATORIUM DENGAN METODE SIX SIGMA (Studi di Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya)

LAILY HIDAYATI, 101614453036 (2018) UPAYA PERBAIKAN PENGELOLAAN REAGEN LABORATORIUM DENGAN METODE SIX SIGMA (Studi di Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (78kB)
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 30 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada temuan banyaknya jumlah reagen expired (19,1%), reagen stockout (50%) dan reagen stagnant (25%) di Laboratorium PK RSUA pada tahun 2017. Tujuan penelitin meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pengelolaan reagen di Laboratorium PK RSUA dengan menggunakan metode Six Sigma. Penelitian ini merupakan action research yang dilakukan di Laboratorium PK RSUA pada bulan Desember 2017 sampai Juli 2018. Hasil penelitian tahap define ditemukan 4 critical to quality pada proses pengelolaan reagen yaitu perencanaan kebutuhan tahunan, perencanaan permintaan kebutuhan, pengambilan reagen sesuai dengan jenis pemeriksaan dan pencatatan kartu logistik. Tahap measure ditemukan nilai sigma hasil pengukuran kinerja proses pengelolaan reagen sebesar ≤ 2,5 sigma. Tahap analyze ditemukan 12 akar penyebab masalah dengan 4 akar penyebab masalah terpilih antara lain petugas tidak berlatar belakang kefarmasian, unit farmasi kekurangan SDM, petugas IT tidak berpengalaman dan tidak tersedia dana. Pada tahap improve diperoleh solusi masalah dan implementasi perbaikan antara lain menyusun SOP dan pedoman evaluasi pengelolaan reagen. Pada tahap control ditemukan bahwa hasil implementasi telah dilakukan sesuai dengan target antara lain SOP terkait pengelolaan reagen telah disusun, disosialisasikan dan dilaksanakan oleh petugas serta telah disusun dokumen pedoman evaluasi pengelolaan reagen. Kesimpulan bahwa metode Six Sigma dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan reagen laboratorium. Rekomendasi perbaikan yaitu menyusun dan memperbarui SOP serta menyusun pedoman evaluasi pengelolaan reagen.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 03/19 Hid u
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, Reagen Laboratorium, Critical to Quality
Subjects: R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
LAILY HIDAYATI, 101614453036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R., Dr. , Dra.Ec., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Bagus Qomaruddin, Dr. , Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:35
Last Modified: 30 Jan 2019 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item