Basis Pemilihan Pelayanan Kesehatan Posyandu Bagi Ibu Hamil (Studi Tentang Latar Belakang Ibu Hamil Mengakses Posyandu di Kota Surabaya)

M. Viraldy Rizky R., 071114022 (2018) Basis Pemilihan Pelayanan Kesehatan Posyandu Bagi Ibu Hamil (Studi Tentang Latar Belakang Ibu Hamil Mengakses Posyandu di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.78 18 Ram b.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.78 18 Ram b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.78 18 Ram b.pdf

Download (279kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Posyandu pada awalnya bermula dari salah satu program puskesmas yaitu program perbaikan gizi masyarakat, mengadakan pos penimbangan dan pemberian makanan tambahan, keberhasilan pos penimbangan ini mendorong pemerintah menambah program lain sehingga pos penimbangan berubah nama menjadi posyandu (pos pelayanan terpadu). Tempat Pelayanan Kesehatan semakin menjamur dengan adanya Rumah Sakit khusus ibu dan anak. Sehingga Posyandu menjadi kekurangan peminatnya. Teori yang digunakan adalahteori perilaku kesehatan dari Alonzodanteori tindakan rasional (Rational Action Theory) dari Max Weber.Paradigma yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dimana bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang Basis Pemilihan Pelayanan Kesehatan Posyandu Bagi Ibu Hamil/Ibu dengan Balita (Studi Tentang Latar Belakang Ibu Hamil Mengakses Posyandu di Kota Surabaya), tepatnya di Surabaya timur (Posyandu Rungkut Menanggal) dengan informan 5 ibu hamil dan juga yang memiliki anak Balita. Dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling pada Ibu hamil/ ibu dengan balita yang menggunakan pelayananPosyandu Rungkut Menanggal. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Ibu hamil dan ibu yang memiliki anak Balita menggunakan pelayanan Posyandu untuk meminimalisir resiko, mendeteksi kesehatan bayi sejak dalam kandungan dengan pemeriksaan medis untuk mendeteksi kemungkinan terdapatnya penyakit di tubuh ibu/anak. Basis pengambilan keputusan ibu hamil dalam memilih pelayanan kesehatan posyandu dengan pemilihan pelayanan kesehatan dalam bentuk keyakinan (Rational choice), yang didasari oleh tindakan yang merupakan bentuk dari Wert rational yang berarti tindakan yang rasional yang mendasarkan diri pada keyakinan setiap ibu hamil/ibu menyusui akan nilai-nilai absolut tertentu yang dipercaya/diyakini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.78/18 Ram b
Uncontrolled Keywords: Posyandu Balita, Kesehatan, Ibu Hamil.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
M. Viraldy Rizky R., 071114022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:15
Last Modified: 06 Feb 2019 05:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79825
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item