HUBUNGAN PARTISIPASI AYAH DENGAN PRAKTIK IBU DALAM PEMBERIAN MAKAN BALITA (JENIS, JUMLAH, JADWAL) PENELITIAN CROSS SECTIONAL

IFTITAKHUR ROHMAH, 131411133015 (2018) HUBUNGAN PARTISIPASI AYAH DENGAN PRAKTIK IBU DALAM PEMBERIAN MAKAN BALITA (JENIS, JUMLAH, JADWAL) PENELITIAN CROSS SECTIONAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 01-19 Roh h Abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 01-19 Roh h.pdf

Download (887kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan:Balita berada pada periode pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga sangat diperlukan peran orang tua antara Ayah dan Ibu. Namun, peran Ayah dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan partisipasi ayah dengan praktik ibu dalam pemberian makan balita (jenis, jumlah, jadwal). Metode:Desain dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan convinience sampling. Sampel sebesar 252. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online menggunakan google forms modifikasi dari ECLS-B Father Self-Administered Questionnaire untuk Partisipasi Ayah dan Child Feeding Questionnaire untuk Pola pemberian makan Ibu dan dianalisis dengan uji Spearman’s Rho dengan taraf signifikansi α≤0.05. Variabel independen adalah partisipasi ayah dan dependen adalah praktik ibu dalam pemberian jenis, jumlah, jadwal makan balita. Hasil dan Analisis:Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan kuat antara partisipasi ayah terhadap praktik ibu dalam pemberian jenis makan balita (p=0,00;r=0,633). Adanya hubungan partisipasi ayah yang sedang terhadap praktik ibu dalam pemberian jumlah makan balita (p=0,00;r=0,492). Adanya hubungan partisipasi ayah yang sedang terhadap praktik ibu dalam pemberian jadwal makan balita (p=0,00;r=0,459). Diskusi:Perlunya intervensi lebih lanjut untuk meningkatkan kapasitas Ayah dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 01-19 Roh h
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Ayah, Balita, Pola Pemberian Makan
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
IFTITAKHUR ROHMAH, 131411133015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorPraba Diyan Rachmawati, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 06 Feb 2019 07:49
Last Modified: 06 Feb 2019 07:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item