PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PASIEN OSTEOATRITIS LUTUT DENGAN KOMBINASI TERAPI SHORTWAVE DIARTHERMY DAN LATIHAN ISOMETRIK

Satrio Wibowo, 151510213004 (2018) PENATALAKSANAAN FISIOTERAPI PADA PASIEN OSTEOATRITIS LUTUT DENGAN KOMBINASI TERAPI SHORTWAVE DIARTHERMY DAN LATIHAN ISOMETRIK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.FST. 01-19 Wib p Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.FST. 01-19 Wib p.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoarthritis (OA) lutut adalah salah satu bentuk arthritis yang paling umum di dunia, dengan prevalensi 10 -15% pada orang dewasa di atas 60 tahun. Gangguan utama yang terkait dengan osteoathritis lutut termasuk nyeri, kekakuan, ketidakstabilan sendi, pembengkakan sendi , dan kelemahan otot. Kerusakan ini menghasilkan keterbatasan fungsional yang jelas yang menyebabkan persentase kecacatan tertinggi dalam berjalan, menaiki tangga, dan aktifitas sehari-hari di antara populasi lansia, yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Berdasarkan data rekam medis Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr.Soetomo pada tanggal 1 Januari 2017 sampai 23 Oktober 2017 OA lutut atau disebut juga primary gonarthrosis bilateral menempati peringkat 3 dalam 10 besar kasus terbanyak, dengan 972 pasien atau 8,54% dari keseluruhan kasus yang ditangani di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr.Soetomo. Penanganan pada osteoathritis lutut mengutamakan pada aspek penurunan nyeri, meningkatkan kekuatan otot, dan menjaga stabilitas dari sendi lutut. Salah satu tindakan fisioterapi yang dapat di lakukan adalah pemberian modalitas Shortwave diathermy serta latihan isometrik. Hasil yang didapat setelah pasien melakukan progam terapi modalitas Short wave Diarthemy dan latihan isometrik sebanyak 5 kali adalah pasien merasakan nyeri yang berkurang, spasme otot berkurang, serta pemeriksaan fungsional jette yang menunjukkan adanya kemajuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST. 01-19 Wib p
Uncontrolled Keywords: Osteoathritis (OA) , Shortwave Diathermy (SWD), isometrik
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM930-931 Rehabilitation therapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Satrio Wibowo, 151510213004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPatricia Maria K., dr., Sp.KFR,UNSPECIFIED
Thesis advisorLantjar Januwidodo, SST FTUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Feb 2019 03:43
Last Modified: 07 Feb 2019 03:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79866
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item