Gita Swarga Puspitha, 040510172 (2009) HUBUNGAN EMOSIONAL DAN LOYALITAS PADA PENGGEMAR GRUP MUSIK SLANK DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2010-puspithagi-14257-b1410-k.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-puspithagi-12019-b1410-h(1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan industri musik Indonesia selama sepuluh tahun terakhir berlangsung dengan pesat. Munculnya grup musik dan penyanyi baru dengan bermacam genre serta konsep yang menarik, menambah gairah industri musik saat ini. Kemudahan akses masuk melalui dukungan berbagai pihak seperti radio, menjamurnya program musik diberbagai stasiun televisi hingga berbagai event pencarian bakat memudahkan tokoh-tokoh baru dunia musik tersebut dalam merebut perhatian masyarakat. Dengan persaingan yang marak tersebut, perusahaan rekaman dan manajemen artis kini mendapat tantangan yang lebih besar untuk mampu bertahan dan unggul dalam persaingan. Slank merupakan salah satu grup musik yang telah menunjukkan eksistensinya selama 27 tahun di industri musik Indonesia. Eksistensi tersebut tidak hanya ditunjukkan dalam tingkat penjualan album yang mengesankan, konser yang selalu dibanjiri kehadiran penggemar namun juga dengan kehadiran kelompok penggemar fanatik mereka yang disebut Slankers. Penelitian ini menggunakan teknik in-depth interview. Metode ini dipilih untuk mendapatkan insight dari para responden mengenai proses terbentuknya ikatan emosional (emotional bond) antara penggemar dengan grup musik Slank serta loyalitas mereka terhadap grup musik Slank. Hasil dari In-depth interview pada penggemar grup musik Slank yang pertama yaitu ikatan emosional (emotional bond) yang mendasari hubungan antara penggemar dengan grup musik favorit terbentuk oleh adanya dorongan emosional (emotional motif) dan manfaat emosional (emotional benefit) yang dirasakan oleh penggemar grup musik Slank. Kedua adalah ikatan emosional (emotional bond) yang dirasakan penggemar terhadap grup musik favorit diwujudkan dalam kesediaan penggemar untuk menunjukkan loyalitas mereka melalui keterlibatan penggemar secara kontinyu dengan grup musik favorit, kesediaan membeli album original, menonton konser secara langsung, kesediaan membeli merchandise serta kesediaan menonton film bioskop yang dibintangi oleh grup musik favorit. Ketiga yaitu perbedaan ikatan emosional (emotional bond) yang dirasakan penggemar menunjukkan tingkatan loyalitas yang berbeda, semakin dalam ikatan emosional (emotional bond) penggemar dengan grup musik Slank, maka semakin tinggi tingkat loyalitas penggemar tersebut. Terakhir yaitu penggemar bersedia untuk menunjukkan loyalitasnya terhadap grup musik favorit didasarkan pada motif emosional (emotional motif) yaitu dorongan yang berkaitan dengan perasaan atau emosi individu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 14/10 Pus h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL INTELLIGENCE | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade M Music and Books on Music > M Music |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2010 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2017 22:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7989 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |