STRATEGI INTER AMERICAN COMISSION ON HUMAN RIGHTS (IACHR) MENGGUNAKAN SISTEM TRANSNATIONAL ADVOCACY NETWORK (TAN) DALAM MEMPERKUAT GERAKAN ANTI FEMICIDE DI HONDURAS DAN EL SALVADOR

GILANG MUKTI RUKMANA, 071614553003 (2018) STRATEGI INTER AMERICAN COMISSION ON HUMAN RIGHTS (IACHR) MENGGUNAKAN SISTEM TRANSNATIONAL ADVOCACY NETWORK (TAN) DALAM MEMPERKUAT GERAKAN ANTI FEMICIDE DI HONDURAS DAN EL SALVADOR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_THI.06 18 Ruk s.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_THI.06 18 Ruk s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_THI.06 18 Ruk s.pdf

Download (302kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena femicide merupakan salah satu isu feminisme yang jarang dibahas di dalam konstelasi ilmu hubungan internasional. Padahal, femicide merupakan permasalahan serius karena memberikan ancaman tersendiri bagi kelangsungan hidup kaum perempuan di dunia. Secara umum, femicide adalah pembunuhan yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan yang berkaitan dengan kebencian laki-laki pada gender perempuan. Femicide dengan tingkat intensitas yang tinggi terjadi di kawasan Amerika Latin, terutama di negara Honduras dan El Salvador. Sebagai organisasi yang mengurusi masalah hak asasi manusia di kawasan Amerika Latin, Inter-American Commission on Human Rights (IACHR) memiliki otoritas dan tanggung jawab dalam mengawasi dan mencarikan solusi bagi negara-negara anggotanya dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Strategi IACHR berperan penting dan dibutuhkan untuk menanggulangi tingginya aktifitas femicide yang terjadi Honduras dan El Salvador. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan informasi secara rinci mengenai femicide sebagai isu penting dalam feminisme, serta menganalisis peran strategi sistem Transnational Advocacy Network (TAN) yang dapat digunakan sebagai solusi terhadap kasus femicide. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengacu pada penggunaan strategi sistem TAN berupa information politics, symbolic politics, dan leverage politics. Hasil penelitian menyatakan ternyata strategi IACHR tidak efektif dalam merespon femicide yang terjadi Honduras dan El Salvador karena proses monitoring yang dilakukan IACHR belum memberikan dampak yang signifikan untuk mengurangi kasus femicide. Oleh sebab itu, rekomendasi penggunaan strategi sistem TAN dapat diimplementasikan IACHR sebagai strategi pendukung dalam memperkuat gerakan anti femicide di Honduras dan El Salvador.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.06/18 Ruk s
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Femicide, Honduras, El Salvador, Inter-American Commision on Human Rights, Transnational Advocacy Network
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General) > AS2.5-4 International associations, congresses, conferences, etc.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
GILANG MUKTI RUKMANA, 071614553003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Gede Wahyu Wicaksana, S.IP., MA., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Feb 2019 01:31
Last Modified: 13 Feb 2019 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item