IDENTITAS KELAS DALAM DESAIN VISUAL WARUNG KOPI DI SURABAYA

MIFTAHUL ADI SUMINTO, 071514853011 (2018) IDENTITAS KELAS DALAM DESAIN VISUAL WARUNG KOPI DI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSK.29 18 Sum i.pdf

Download (186kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSK.29 18 Sum i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TSK.29 18 Sum i.pdf

Download (148kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini membahas mengenai identitas yang dikonstruksikan dalam desain visual pada sebuah tempat ngopi yaitu warung kopi sebagai bagian The Culture Of Coffeeshop yang mampu mencerminkan konsep Identitas Kelas. Makna dan tanda yang muncul pada elemen visual yang dibawa oleh tempat-tempat ‘ngopi’ ini mampu mengidentifikasi dan menginterpretasikan suatu identitas pada kelas sosial tertentu. Penelitian ini adalah penelitian dalam ranah budaya visual dengan desain kualitatif deskriptif yang menggunakan metode semiotika. Penelitian dalam tesis ini berusaha menjawab konsep jika sebuah artefak budaya yaitu desain visual mampu mendeskripsikan sebuah konsep identitas melalui ruang publik privat berupa Warung Kopi. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan, dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap suatu desain visual, kemudian di analisis melalui Metode Analisis Visual milik Saussure untuk menemukan makna dibalik sebuah foto hasil dokumentasi terhadap tempat-tempat ‘ngopi’ ini yang diproduksi oleh pemiliknya. Sudut pandang peneliti merupakan poin utama dengan dibantu referensi dari buku maupun internet sebagai perspektif dalam penulisian tesis ini. Metodelogi visual sebagai pisau analisis dilakukan terhadap unit analisis yaitu, keberadaan branding, teks atau tulisan yang ter-display, ilustrasi dan gambar, perangkat jual, dan desain ruang pada warung kopi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan, bahwa warung kopi memiliki place identy (identitas tempat) menyesuaikan dengan keberadaan aspek fisik dan aspek sosial warung kopi tersebut, yang mana kota Surabaya merupakan wilayah kajiannya. Warung kopi menjelaskan suatu identitas middle lower-lower dikarenakan adanya faktor subkultur yang ada di Kota Surabaya, yaitu keberadaan identitas kampung yang lekat dengan kumuh dan miskin. Fungsi dari warung kopi sebagai tempat untuk berinteraksi dan ngopi ditransformasikan dalam budaya cangkrukan yang merupakan bagian dari kebiasaan komunitas kampung di Kota Surabaya. Sehingga Warung Kopi dilihat sebagai tempat ngopi yang sederhana, apa adanya, dan terbuka untuk semua warga kota Surabaya, sebagai alternatif ruang. Walau demikian, hasil dari penelitian ini menyarankan bahwa masih perlu dilakukan lebih banyak penelitian tentang identitas terhadap objek-objek konsumsi, mengingat objek-objek ini merupakan salah satu artefak budaya dari suatu peradaban sehingga terdapat suatu unsur-unsur ideologis dari sebuah teks atau gambar (elemen visual) yang berkembang dalam suatu peradaban, dimana objek tersebut terus diproduksi, dikonsumsi dan berkembang salah satunya tempat-tempat ‘ngopi’ ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.29/18 Sum i
Uncontrolled Keywords: Desain, Semiotika, Nilai Tanda, Warung Kopi, Identitas Kelas, Kota Surabaya.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAHUL ADI SUMINTO, 071514853011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Com., PhD.UNSPECIFIED
Thesis advisorTitik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:00
Last Modified: 13 Feb 2019 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item