KONSTRUKSI SOSIAL TOKOH MASYARAKAT MADURA TERHADAP KIAI YANG BERPOLITIK PRAKTIS (Studi Fenomenologi di Kabupaten Bangkalan Madura)

MOHAMMAD ADI, 071614753001 (2018) KONSTRUKSI SOSIAL TOKOH MASYARAKAT MADURA TERHADAP KIAI YANG BERPOLITIK PRAKTIS (Studi Fenomenologi di Kabupaten Bangkalan Madura). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSO.10 18 Adi k.pdf

Download (118kB)
[img] Text (FULLEXT)
FULLTEXT_TSO.10 18 Adi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_TSO.10 18 Adi k.pdf

Download (169kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kiai merupakan suatu elit yang mempunyai kedudukan sangat terhormat dan berpengaruh besar terhadap perkembangan masyarakat Islam. Kiai di Indonesia menjadi salah satu elit strategis dan merupakan figur yang memiliki pengetahuan luas dan mendalam tentang ajaran Islam. Tidak mengherankan jika kiai kemudian menjadi sumber legimitasi dari berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. apalagi Kiai-kiai yang berada di kabupaten Bangkalan merupakan keturunan dari keluarga besar Syaichona Muhammad Kholil Bin Abd.Latif (Penggagas NU-Muhammadiyah). Pada titik inilah dapat dilihat peran-peran strategis kiai khususnya dalam aspek kehidupan sosial politik di Bangkalan Madura. Berdasarkan studi, ditemukan bahwa, kiai terbukti melakukan sejumlah penafisiran ulang demi kepentingan kondisi sosial yang dihadapinya, walaupun tetap menggunakan corak pemikiran abad pertengahan. Pada umumnya kiai memusatkan perhatiannya pada dunia pendidikan, urusan sosial politik cenderung diterlantarkan, sehingga ketika arus globalisasi muncul, banyak kiai yang tampak gagap menanggapinya. Hal ini dianalisis dengan menggunakan teori Konstruksi sosial Peter Berger yaitu digerakkan oleh frame pemikiran realitas sosial yang ada dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi kualitatif dimana data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pembentukan pola fikir masyarakat mengkonstruksi politik kiai dan faktor- faktor yang melatar belakangi peran sentral kiai dan politik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.10/18 Adi k
Uncontrolled Keywords: konstruksi sosial, masyarakat, Kiai, politik.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MOHAMMAD ADI, 071614753001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Wirawan, Prof., Dr., SU.UNSPECIFIED
Thesis advisorSubagyo Adam, Prof., Dr., Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Feb 2019 10:08
Last Modified: 20 Feb 2019 10:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item