PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP PROFITABILITAS ANGGOTA HOLDING PT PUPUK INDONESIA (PERSERO)

KOKO SUDIRO, 041514353012 (2019) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP PROFITABILITAS ANGGOTA HOLDING PT PUPUK INDONESIA (PERSERO). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (956kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan strategi Kementerian BUMN dalam mengantisipasi persaingan global berdampak pada perubahan pengelolaan holding PT Pupuk Indonesia (Persero). Sentralisasi pendanaan holding menjadi salah satu bentuk sinergi untuk memperoleh cost of fund yang lebih efisien. Hal ini direspon oleh perusahaan anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk lebih ekspansif dalam meningkatkan kinerjanya baik dengan cara menambah modal kerja maupun aset tetapnya. Ekspansi ini diharapkan mampu mendukung peningkatan profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ROE. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menilai pengaruh variabel struktur modal, investasi modal kerja, dan investasi aset tetap terhadap variabel profitabilitas perusahaan. Data diperoleh dari laporan keuangan triwulanan selama periode pasca pembentukan strategic holding tahun 2011-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel struktur modal yang diukur dengan rasio Debt to Assets Ratio (DAR) dan Short Term Loan to Total Assets berpengaruh negatif secara signifikan terhadap ROA dan ROE. Variabel Long Term Loan to Total Assets berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE namun tidak signifikan terhadap ROA. Kebijakan investasi modal kerja, yang diukur dengan rasio Aset Lancar/Total Aset, berpengaruh positif signifikan terhadap ROA dan ROE. Kebijakan investasi aset tetap, yang diukur dengan rasio Aset Tetap/Total Aset berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA dan ROE.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 18/19 Sud p
Uncontrolled Keywords: capital structure, working capital investment, fixed asset investment, ROA, ROE.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
KOKO SUDIRO, 041514353012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmat Setiawan, Dr.,SE.,MM.,CFPUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:59
Last Modified: 25 Feb 2019 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80458
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item