AKAR KEKERASAN DALAM IDEOLOGI-IDEOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA

INDRA JAYA KUSUMA WARDHANA, 071614753010 (2018) AKAR KEKERASAN DALAM IDEOLOGI-IDEOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSO.07 18 War a.pdf

Download (41kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kekerasan dalam dunia pendidikan seakan menjadi tradisi yang teramat sulit dipisahkan. Sekolah sebagai ruang aman anak, digugat atas eksistensi praktik pendidikan melalui beragam kasus kekerasan. Rumusan kebijakan zero tolerence sebagaimana diskursus pendidikan anti kekerasan sebagai isu nasional, tampak begitu rapuh dalam menyelesaikan akar persoalan. Model pendidikan yang mengarusutamakan unsur kekerasan, dianggap begitu wajar sebagai konvensi pendidikan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui praktik diskursif kekerasan pendidikan melalui kompleksitas struktur organisasi pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis. Menggunakan sudut pandangan Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe perihal new social movement ideologi liberal-konservatif yang memuat isu-isu kesetaraan demokratis, studi ini menitiberatkan kajian pada bentuk subordinasi baru dalam praktik kekerasan pendidikan. Hasil studi ini menunjukkan bahwasanya artikulasi wacana kekerasan pendidikan bersifat ambivalen dan terfragmentasi tiap struktur struktur organisasi pendidikan di tingkat nasional, dinas pendidikan, lembaga pendidikan, dan tenaga pengajar melalui beragam bentuk praktik diskursif kekerasan pendidikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.07/18 War a (TLP)
Uncontrolled Keywords: Ideologi Liberal-Konservatif, Kekerasan Pendidikan, Hidden Curriculum, Praktik Diskursif.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
INDRA JAYA KUSUMA WARDHANA, 071614753010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovri Susan, S.Sos., MA., PhD.UNSPECIFIED
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:00
Last Modified: 27 Feb 2019 08:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item