RELASI KUASA ANTARA PENGOBAT TRADISIONAL DAN PASIEN (Studi Tentang Basis Dominasi Kuasa dalam Pengobatan Tradisional Akar Paninggil)

SOFI SETYA NINGRUM, 071511433070 (2019) RELASI KUASA ANTARA PENGOBAT TRADISIONAL DAN PASIEN (Studi Tentang Basis Dominasi Kuasa dalam Pengobatan Tradisional Akar Paninggil). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.05 19 Nin r.pdf

Download (107kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.05 19 Nin r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL _Fis.S.05 19 Nin r.pdf

Download (216kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Relasi kuasa pada dunia kesehatan merupakan sebuah realitas sosial yang tidak bisa dipungkiri keberadaanya. Berdasarkan konsep pemikiran dari teoritisi Michel Foucault, kekuasaan bersumber pada ilmu pengetahuan. Realitasnya kekuasaan terjadi bukan hanya pada dunia kesehatan modern. Tetapi hal tersebut juga terjadi pada pengobatan tradisional. Studi tentang relasi kuasa pengobat tradisional dan pasien dalam pengobatan tradisional Akar Paninggil dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Tekhnik Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam atau indepth interview dengan menggunakan pedoman wawancara dan juga observasi lapangan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tekhnik analisis data kualitatif serta menggunakan paradigma kritis sebagaimana Michel Foucault menggunakan paradigma tersebut untuk mengkaji teori relasi kuasa. Relasi kuasa yang terbentuk di pengobatan tradisional Akar Paninggil adalah relasi yang bervariasi. Pengobat tradisional terlihat dominan pada beberapa proses pengobatan, diantaranya pada saat proses pemeriksaan dan proses penentuan obat. Sedangkan pasien akan terlihat lebih dominan pada proses kontrol perkembangan kesehatan dan proses pembayaran. Basis kepercayaan pasien terhadap pengobatan tradisional Akar Paninggil adalah kemampuan seorang pengobat tradisional dalam memberikan sugesti kepada pasien yang sedang dalam keadaan sakit. Pasien mendapat sugesti dari pengobat tradisional pada saat awal melakukan pemeriksaan sehingga mereka akan menganggap kesembuhan yang didapatkan berada dalam diri pengobat tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.05/19 Nin r
Uncontrolled Keywords: Relasi Kuasa, Dominasi Kuasa, Sistem Kepercayaan, Pengobatan Tradisional
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1249-1254 Relation to other disciplines and topics
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
SOFI SETYA NINGRUM, 071511433070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:38
Last Modified: 01 Mar 2019 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80639
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item