ISTRI DENGAN HIV/AIDS, STUDI FENOMENOLOGI DI KOTA SURABAYA

AISYAH JATU KUSUMAWATI, 071511433075 (2019) ISTRI DENGAN HIV/AIDS, STUDI FENOMENOLOGI DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.09 19 Kus i.pdf

Download (103kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.09 19 Kus i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.09 19 Kus i.pdf

Download (169kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

HIV/AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Dapat digolongkan sebagai salah satu penyakit yang mengancam nyawa umat manusia di dunia. ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) kerap kali mendapatkan stigma negative dari masyarakat maupun pihak keluarga. Istri yang juga berstatuskan ODHA dan mendapatkan penularannya dari suami, seperti menjadi korban dua kali di dalam konstruksi sosial masyarakat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana para istri dengan HIV/AIDS memaknai kondisi diri sebagai ODHA dan bagaimana konstruksi sosial masyarakat dalam melihat keberadaan para istri dengan HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dimana akan dipaparkan temuan data melalui wawancara mendalam dengan 5 informan subyek dan 5 informan pendukung yang dianggap mampu menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teori Alfred Schutz, kumpulan pengetahuan serta Michel Foucault, relasi kuasa sebagai pisau analisis dalam penelitian ini, dan penggunaan teknik pengumpulan data melalui snowball. Ke 5 informan ODHA memiliki latar belakang serta kondisi ekonomi yang berbedabeda, sehingga data menjadi variatif. Hasil dari penelitian ini antara lain; (1) Masih adanya stigma dari masyarakat terhadap ODHA. (2) Pemaknaan diri yang berbeda-beda dari ODHA dipengaruhi oleh lingkungan sosial, pengetahuan yang dimiliki, serta beberapa faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.09/19 Kus i
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, HIV/AIDS, ODHA, Stigma
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA643-645 Disease (Communicable and noninfectious) and public health
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
AISYAH JATU KUSUMAWATI, 071511433075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEmy Susanti, Prof., Dr., Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:58
Last Modified: 01 Mar 2019 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item