PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERKEYAKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: PENOLAKAN PERPANJANGAN IZIN PEMAKAIAN TANAH (IPT) BAGI JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA DI SURABAYA)

ICHWAN FIRMANSYAH, 031411131100 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK KEBEBASAN BERAGAMA DAN BERKEYAKINAN DI INDONESIA (STUDI KASUS: PENOLAKAN PERPANJANGAN IZIN PEMAKAIAN TANAH (IPT) BAGI JEMAAT AHMADIYAH INDONESIA DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FH. 125-19 Fir p Abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text (Fulltext)
FH. 125-19 Fir p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perlindungan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan merupakan bagian dari hak asasi manusia yang harus dijamin pelaksanaanya. Perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan telah dijamin oleh instrumen hukum Internasional dan Nasional, hak-hak tersebut sebagaimana yang termaktub di dalam UUD NRI 1945, UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, UU No. 12 Tahun 2005 Tentang Konvenan Internasional Tentang Hak-Hak Sipil Dan Politik, selain itu juga tertuang dalam perjanjian Internasional di UDHR, ICCPR, ICESCR dan lain sebagainya. Terdapat dua hal yang membedakan Kebebasan yakni: forum internum dan forum externum bahwa keduanya saling berkaitan dan tidak bisa dilepaskan. Tempat peribadatan sebagai bentuk manifestasi dalam melaksanakan keagamaan juga harus dijamin akan pelaksanaanya oleh Negara, Pemerintah dalam mengeluarkan Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) haruslah sesuai dengan Undang-Undang dan prosedur yang sesuai. Skripsi ini membahas mengenai tindakan KTUN Pemerintah Kota Surabaya dalam penolakan permohonan perpanjangan ijin pemakaian tanah oleh Jemaat Ahmadiyah Indonesia di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 125-19 Fir p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, kebebasan beragama dan berkeyakinan, forum internum dan forum externum, Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN), Ijin Pemakaian Tanah (IPT).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > KB Religious law in general
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ICHWAN FIRMANSYAH, 031411131100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaidar Adam, S.H., LL.M.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:20
Last Modified: 04 Mar 2019 01:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item