MARSUPIALISASI SEBAGAI PERAWATAN PENDAHULUAN PADA KASUS AMELOBLASTOMA MANDIBULA DENGAN PERFORASI KORTEKS (LAPORAN KASUS)

ELLEN SATYA PRATIWI, 021228016302 (2019) MARSUPIALISASI SEBAGAI PERAWATAN PENDAHULUAN PADA KASUS AMELOBLASTOMA MANDIBULA DENGAN PERFORASI KORTEKS (LAPORAN KASUS). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDGS.BMM. 02-19 Pra m Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.BMM. 02-19 Pra m.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Ameloblastoma merupakan salah satu jenis neoplasma kedua yang paling sering ditemukan yang berasal dari epitel odontogenik. Terapi gold standar ameloblastoma dengan metode pembedahan. Pendekatan bedah dapat dilakukan secara konservatif atau radikal. Tujuan: Mengetahui efektifitas terapi pembedahan dengan marsupialisasi sebagai perawatan pendahuluan pada kasus ameloblastoma dengan perforasi korteks. Metode: Studi retrospektif dengan desain studi laporan kasus (case report). data rekam medis pasien, riwayat penyakit dan jenis perawatan yang sudah pernah diterima pasien, hasil pemeriksaan laboratorium, rontgenologi dan hasil pemeriksaan histopatologi. Penilaian pasien dinilai dari waktu penyembuhan dengan mengevaluasi keluhan paska operasi, pemeriksaan klinis intra dan ekstraoral, foto rontgen evaluasi paska operasi, dan rekurensi. Hasil: Pasien ameloblastoma dengan perforasi korteks yang dilakukan marsupialisasi dan pemasangan obturator diikuti hingga bulan ke-12, didapatkan ukuran tumor mengecil disertai pertumbuhan tulang baru. Kemudian dilakukan operasi reseksi mandibula segmental. Evaluasi paska operasi minimal hingga bulan ke-12, tidak didapatkan pertumbuhan tumor baru. Kesimpulan: Marsupialisasi pada ameloblastoma dengan perforasi korteks berfungsi sebagai terapi pendahuluan untuk mengurangi ukuran lesi, membantu terjadinya remodeling tulang dan pembentukan tulang baru, sehingga pada pembedahan radikal, rekonstruksi bisa lebih mudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.BMM. 02-19 Pra m
Uncontrolled Keywords: ameloblastoma dengan perforasi korteks, marsupialisasi, reseksi mandibula
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Oral and Maxilofacial Surgery (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
ELLEN SATYA PRATIWI, 021228016302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndra Rizqiawan, drg.,PhD.,Sp.BMUNSPECIFIED
Thesis advisorDavid B. Kamadjaja, Dr., drg., MDS., Sp.BM(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Mar 2019 06:07
Last Modified: 14 Mar 2019 06:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81030
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item