PERBANDINGAN PENINGKATAN KEKUATAN SERTA HIPERTROFI OTOT BICEPS BRACHII PADA LATIHAN PENGUATAN OTOT METODE EKSENTRIK DENGAN KONSENTRIK INTENSITAS TINGGI

Hasni, dr., NIM011328166310 (2018) PERBANDINGAN PENINGKATAN KEKUATAN SERTA HIPERTROFI OTOT BICEPS BRACHII PADA LATIHAN PENGUATAN OTOT METODE EKSENTRIK DENGAN KONSENTRIK INTENSITAS TINGGI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PPDS.IFR.05-19 Has p abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text (fulltext)
PPDS.IFR.05-19 Has p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, semakin banyak dan cenderung terjadi peningkatan kasus cidera muskuloskeletal baik akibat olahraga maupun rekreasional pada tiap tingkatan usia yang akan berakibat pada kondisi imobilisasi. Salah satu akibat dari cidera dan imobilisasi adalah penurunan kekuatan otot dan deconditioning. Kondisi tersebut dapat ditingkatkan dengan pemberian terapi latihan penguatan terutama untuk orang yang memiliki toleransi yang rendah terhadap latihan seperti kaum lanjut usia dan pasien dengan kondisi penyakit yang kronis. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah ada, didapatkan bahwa latihan eksentrik dapat meningkatkan kekuatan otot dengan pengeluaran energi yang minimal. Studi yang dilakukan oleh LaStayo (2003) menunjukkan bahwa latihan penguatan eksentrik makin dikembangkan untuk peningkatan kekuatan dan hipertrofi otot oleh karena relatif aman, membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan latihan kekuatan dengan metode konsentrik. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan peningkatan kekuatan serta hipertrofi otot Biceps Brachii pada latihan penguatan otot metode eksentrik dan konsentrik dengan intensitas tinggi pada subyek sehat tidak terlatih di Instalasi rawat jalan RSUD dr Sutomo, Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IFR.05/19 Has p
Uncontrolled Keywords: Muscle strengthening exercises, eccentric, concentric, muscle strength, muscle hypertrophy
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM930-931 Rehabilitation therapy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Hasni, dr., NIM011328166310NIM011328166310
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Laswati Putra, Dr. , dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorNuniek Nugraheni, , dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:17
Last Modified: 14 Mar 2019 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item