PERAN TUTOR SEBAYA DALAM AKTIVITAS BELAJAR FULL DAY SCHOOL DI SD AL HIKMAH SURABAYA

MENTARI AGUSTIN ALIF, 071411733002 (2019) PERAN TUTOR SEBAYA DALAM AKTIVITAS BELAJAR FULL DAY SCHOOL DI SD AL HIKMAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.05 19 Ali a.pdf

Download (222kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.05 19 Ali a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas belajar siswa kelas V dalam penerapakan sistem full day school pada Sekolah Dasar Al Hikmah Surabaya menarik untuk diteliti lebih mendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas belajar siswa kelas V dalam penerapan sistem full day school di SD Al Hikmah Surabaya dan hambatan yang dihadapi siswa kelas V dalam aktivitas belajar sistem full day school di SD Al Hikmah Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam oleh informan yang terkait. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori kebudayaan mengajar (teaching cultures) dan teori kebudayaan belajar (learning cultures) dari Margaret Mead. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar khususnya di kelas V seringkali dilakukan dengan cara berkelompok dengan dipimpin tutor sebaya yang dipilih oleh wali kelas. Tujuan dibentuk tutor sebaya agar mempermudah memahami materi pelajaran. Aktivitas tidak hanya di dalam kelas namun juga praktik langsung di luar kelas, tujuannya agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan pengalaman yang dilakukan. SD Al Hikmah menggunakan metode pembelajaran Scientific. Penerapan metode scientific ini menggunakan pendekatan 4M yaitu Mengamati, Menggali informasi, Memberi komentar, dan Memberikan jawaban tentang pelajaran yang sedang diberikan. SD Al Hikmah adalah sekolah Islam modern yang menggabungkan aspek ilmu pengetahuan dan ilmu agama. Berbagai macam aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa SD Al Hikmah saat berada di sekolah mulai dari pagi hingga sore hari. Siswa dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai materi pelajaran dalam kelompok tutor sebaya di kelas tersebut. Hambatan yang dihadapi siswa kelas V adalah rasa mengantuk saat poses pembelajaran di kelas dan pelajaran matematika yang dilakukan pada saat siang hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.05/19 Ali a
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa SD, Full day School, Tutor Sebaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
MENTARI AGUSTIN ALIF, 071411733002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:21
Last Modified: 18 Dec 2019 05:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item