PENGARUH TERAPI BERMAIN SLIME TERHADAP RESPON BIOLOGIS, PSIKOLOGI, DAN PERILAKU MAKAN PADA ANAK PRESCHOOL YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG DAHLIA RSUD MGR. GABRIEL MANEK, SVD ATAMBUA QUASI EXPERIMENTAL STUDY

MARIA YASINTHA SERAN, 131711123056 (2019) PENGARUH TERAPI BERMAIN SLIME TERHADAP RESPON BIOLOGIS, PSIKOLOGI, DAN PERILAKU MAKAN PADA ANAK PRESCHOOL YANG MENJALANI HOSPITALISASI DI RUANG DAHLIA RSUD MGR. GABRIEL MANEK, SVD ATAMBUA QUASI EXPERIMENTAL STUDY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FKP.N. 07-19 Ser p Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text (Fulltext)
FKP.N. 07-19 Ser p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Slime menjadi salah satu mainan yang banyak disukai anak-anak karena berbentuk kenyal dengan berbagai macam variasi warna yang cerah dan berwarna-warni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain slime terhadap respon biologis, psikologis, dan perilaku makan pada anak preschool yang menjalani hospitalisasi di Ruang Dahlia RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experiment with post test only non equivalent control group desain. Total populasi sebanyak 90 pasien dengan jumlah sampel sebesar 60 responden yaitu 30 kelompok perlakuan dan 30 kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan purposive sampling. Variabel independen adalah terapi bermain slime. Variabel dependen adalah respon biologis, psikologis, dan perilaku makan. Data didapatkan dengan lembar observasi dan instrumen Child Eating Behavior Questionnaire (CEBQ) dan data dianalisis dengan Mann-Whitney U Test. Hasil: Terdapat perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol pada frekuensi pernapasan (p=0,021), frekuensi nadi (p=0,002), stress (p=0,035), dan perilaku makan (p=0,041). Diskusi: Terapi bermain slime merupakan pendekatan atraumatic care yang dapat digunakan untuk menurunkan tingkat stress hospitalisasi, respons biologis menjadi normal, dan perilaku makan menjadi baik bagi anak yang dirawat di rumah sakit. Disarankan kepada perawat untuk dapat menerapkan terapi bermain slime dan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan terapi bermain slime atau membandingkan efektivitas terapi bermain slime dengan terapi bermain lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N. 07-19 Ser p
Uncontrolled Keywords: terapi bermain, slime, respon biologis, respon psikologis, perilaku makan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MARIA YASINTHA SERAN, 131711123056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorPraba Diyan Rachmawati, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:58
Last Modified: 21 Mar 2019 07:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item