Identifikasi dan Prevalensi Cacing Ektoparasit Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) dengan Ukuran yang Berbeda pada Keramba Jaring Apung di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

Dian Cahyani Sisari., 141411131097 (2019) Identifikasi dan Prevalensi Cacing Ektoparasit Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) dengan Ukuran yang Berbeda pada Keramba Jaring Apung di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
PK.BP.04-19 Sis i Abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text (Fulltext)
PK.BP.04-19 Sis i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Identifikasi penyakit berfungsi sebagai alat bantu dalam upaya penanggulangan cacing ektoparasit yaitu dengan melihat jenis-jenis, intensitas dan prevalensi cacing ektoparasit pada ikan bawal bintang. Selain itu dengan teridentifikasinya cacing ektoparasit akan memudahkan pembudidaya dalam melakukan pencegahan atau pengobatan secara tepat dan efisien. Hambatan yang dialami dalam proses budidaya yaitu adanya mikroorganisme patogen, salah satunya adanya serangan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan prevalensi cacing ektoparasit yang menginfestasi ikan bawal bintang (Trachinotus blochii) pada ukuran 5-15 cm dan ukuran 20-30 cm di Keramba Jaring Apung (KJA), Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL), Lampung. Jenis metode penelitian ini adalah survei, serta rancangan penelitian yang digunakan Cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Parameter utama yang diamati merupakan jenis cacing ektoparasit dan prevalensi terhadap ukuran yang berbeda. Parameter pendukung adalah kualitas air pada keramba jaring apung meliputi suhu, pH, oksigen terlarut, salinitas dan ammonia. Cacing ektoparasit yang ditemukan menginfestasi ikan bawal bintang (Trachinotus blochii) adalah Neobenedenia girellae yang ditemukan pada permukaan tubuh, kepala, dan mata serta Pyragraphorus hollisae yang di temukan pada insang. Hasil perhitungan uji Chi-Square berdasarkan jumlah sampel ikan yang diamati menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai prevalensi terhadap ukuran ikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.04-19 Sis i
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Prevalensi, Cacing Ektoparasit, Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii), Keramba Jaring Apung
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Dian Cahyani Sisari., 141411131097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti, Prof. Dr. Hj., DEA, drhUNSPECIFIED
Thesis advisorKusnoto, Dr., drh., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Mar 2019 06:56
Last Modified: 22 Mar 2019 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item