RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN BALITA DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER BIRESPON SEBAGAI PENENTU STATUS GIZI BALITA DI KABUPATEN PAMEKASAN

MAMLAKATUL FARDANIYAH, 081511833055 (2019) RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT BADAN DAN TINGGI BADAN BALITA DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER BIRESPON SEBAGAI PENENTU STATUS GIZI BALITA DI KABUPATEN PAMEKASAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Umur anak bawah lima tahun atau yang biasa disebut dengan balita merupakan masa yang sangat penting dan memerlukan perhatian serius. Pada masa balita ini (golden age) terjadi proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pemantauan kondisi tumbuh kembang balita untuk mengetahui status gizi dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen yang disebut Kartu Menuju Sehat (KMS). Sejak tahun 2008 rujukan KMS yang digunakan di Indonesia adalah standar antropometri WHO-2005. Salah satu indeks atropometri yang terekam dalam KMS ialah Berat Badan menurut Umur (BB/U) dan Tinggi Badan menurut Umur (TB/U). Indeks BB/U dan TB/U mampu menunjukkan kondisi status gizi buruk dan stunting. Fakta bahwa standar antropometri WHO- 2005 kurang cocok dalam menentukan status gizi balita, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang grafik standar pertumbuhan berat badan dan tinggi badan balita berdasarkan kondisi balita di Kabupaten Pamekasan. Berat badan balita dan tinggi badan balita mempunyai korelasi yang erat sehingga perancangan grafik standar ini didasarkan pada pendekatan regresi nonparametrik birespon dengan estimator lokal linier. Perilaku kurva pertumbuhan balita pada setiap umur tidak sama, oleh karena itu pendekatan regresi nonparametrik cocok digunakan karena memiliki fleksibilitas yang tinggi. Estimator lokal linier mampu mengestimasi berat badan dan tinggi balita pada setiap umur sehingga grafik standar yang dihasilkan lebih realistis. Data balita yang digunakan untuk merancang model diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dan Puskesmas di Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 9.977 data balita laki-laki dan balita perempuan. Pada hasil perancangan yang dibantu dengan OSS – R didapatkan nilai 2 R pada balita laki – laki sebesar 99,90% dan pada balita perempuan sebesar 99,91%. Nilai MSE pada balita laki – laki sebesar 1,376 dan pada balita perempuan sebesar 1,219. Berdasarkan perbandingan yang diperoleh, grafik standar dengan lokal linier birespon dengan besar kesalahan penentuan status gizi underweight dan stunting berturut-turut sebesar 7,7% dan 7,83% lebih rendah daripada grafik standar WHO-2005 dengan besar kesalahan penentuan status gizi underweight dan stunting berturut-turut sebesar 8,26% dan 12,93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST S 10/19 Far r
Uncontrolled Keywords: Children under Age Five Years Old, Growth Standard Chart, Weight, Height/Lenght, Nonparametric Bi-response Regression, Local Linear.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA184-205 Linear and Multilinear Algebra, Matrices
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
MAMLAKATUL FARDANIYAH, 081511833055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:10
Last Modified: 22 Mar 2019 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81313
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item