TEKNIK PENGEMASAN PRODUK EBI FRY DI PT. CENTRALPERTIWI BAHARI, RUNGKUT SURABAYA

NAHDLOTUL FAUZIYAH, 141511233037 (2018) TEKNIK PENGEMASAN PRODUK EBI FRY DI PT. CENTRALPERTIWI BAHARI, RUNGKUT SURABAYA. Fakultas Perikanan dan Kelautan: Budidaya Perairan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 36-19 Fau t Abstrak.pdf

Download (300kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 36-19 Fau t.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ebi fry adalah salah satu olahan udang utuh tanpa kulit yang dilapisi dengan tepung roti dan disimpan dalam keadaan beku serta membutuhkan bahan pengemas yang baik. Pengemasan merupakan upaya perlindungan produk dari segala macam kerusakan dengan menggunakan wadah, sehingga dapat melindungi produk sampai ke tangan konsumen dalam keadaan baik. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang adalah mengetahui proses produksi produk ebi fry, bahan pengemas produk ebi fry, dan teknik pengemasan produk ebi fry. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Centralpertiwi Bahari,yang bertempat di Jalan Rungkut Indusri III No. 83, Rungkut Tengah, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan Praktek Kerja lapang dilaksanakan pada tanggal 03 Januari 2018 sampai 03 Februari 2018. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode partisipasi aktif dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Proses pembuatan ebi fry terdiri dari tahapan proses penerimaan udang headless, pencucian, belly cut, stretching, koreksi kerusakan, pencucian, penampungan bahan baku, soaking, penirisan, predusting, battering, breading, penyusunan pada tray plastik, penimbangan, pembekuan, pengemasan menggunakan polybag, sealing, metal detector, packing master carton, penyimpanan dan distribusi. Teknik Pengemasan produk ebi fry di PT. Centralperiwi Bahari meliputi bahan penunjang kemasan menggunakan tray plastik, pengemasan primer menggunkan plastic polyethylene terephthalate dengan sealing menggunakan mesin automatic sealer dan pengemasan sekunder menggunakan master carton dan di tutup menggunakan mesin semi automatic carton dengan menggunakan lakban transparan.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 36-19 Fau t
Uncontrolled Keywords: Teknik Pengemasan, Produk Ebi Fry
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH213-216.55 By oceans and seas
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
NAHDLOTUL FAUZIYAH, 141511233037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr. Ir., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:01
Last Modified: 28 Mar 2019 02:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item